Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Presiden Amerika Serikat Joe Biden melakukan swafoto dengan tentara Amerika Serikat yang ditugaskan ke 82nd Airborne Division di G2 Arena di Jasionka, di dekat Rzeszow, Polandia, Jumat (25/3/2022). - Antara/Reuters
Lihat Foto
Premium

Menakar Peluang Perang Dunia Ketiga Rusia Versus NATO 

Para pemimpin negara anggota NATO baru saja melakukan pertemuan puncak darurat di Brussel untuk membahas perang di Ukraina akibat invasi Rusia sejak 24 Februari 2022. Mereka mendiskusikan dan menyepakati bagaimana bersikap jika terjadi eskalasi lebih lanjut dari Rusia setelah berperang selama lebih dari sebulan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com
26 Maret 2022 | 18:03 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Para pemimpin negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) baru saja melakukan pertemuan puncak darurat di Brussel untuk membahas perang di Ukraina akibat invasi Rusia sejak 24 Februari 2022.

Mereka mendiskusikan dan menyepakati bagaimana bersikap jika terjadi eskalasi lebih lanjut dari Rusia setelah berperang selama lebih dari sebulan.

Kalau pertemuan itu membuahkan hasil maka eskalasi serangan ke Ukraina oleh Rusia diharapkan bisa diredam, agar Presiden Rusia Vladimir Putin tidak mengambil langkah lebih jauh.

Bukan tidak mungkin Putin juga akan mengambil negara berikutnya seperti Modova yang tidak punya kekuatan pertahanan seperti Ukraina. Paling tidak, langkah NATO akan mempersiapkan sekutu untuk melakukan serangan untuk mengantisipasi kelanjutan serangan Rusia.

Setelah menggulingkan pemerintah terpilih di Kyiv dengan cepat, Putin sekarang menghadapi pilihan antara bernegosiasi untuk mengakhiri perang, atau meningkatkan intensitas lebih lanjut. Artinya, Putin sudah kepalang basah.

Pada saat pembicaraan di Ibu Kota Belgia itu berlangsung, Putin sendiri tidak memberikan indikasi bahwa dia akan menerima apa pun selain terus menggempur dan melakukan penaklukan total atas Ukraina.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top