Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Once Ocean Summit 2022, Jokowi Imbau Sektor Kelautan Dikelola Berkelanjutan

Jokowi mengimbau pemimpin negara yang hadir dalam One Ocean Summit 2022 mengelola sektor kelautan secara berkelanjutan untuk mendukung pemulihan ekonomi.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 11 Februari 2022  |  21:28 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, Rabu (9/2 - 2022), secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat / BPMI Setpres
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, Rabu (9/2 - 2022), secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat / BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbau pemimpin negara yang hadir dalam One Ocean Summit 2022 mengelola sektor kelautan secara berkelanjutan untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Saat ini, kata Jokowi, Indonesia sudah mengambil sejumlah terobosan pengelolaan laut, di antaranya kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota yang didukung oleh sistem pengawasan terintegrasi teknologi.

"Juga pengembangan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal untuk pengentasan kemiskinan dan kelestarian komoditas bernilai ekonomi tinggi," ujar Jokowi dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (11/2/2022).

Di tingkat global, tambahnya, Indonesia mendukung pengarusutamaan isu kelautan.

Salah satunya Presidensi G20 diekspektasikan mengangkat pentingnya ekonomi biru, karbon biru, dan penanganan sampah laut.

Pada agenda COP26 lalu, sambungnya, bersama negara-negara archepelagic and island state forum Indonesia menyerukan pentingnya keterkaitan antara laut dan perubahan iklim.

Gerakan bersama tersebut diyakini oleh Jokowi membuat dukungan internasional, termaduk negara-negara kepulauan dapat menjadi bagian dari solusi.

"Indonesia yakin dengan dukungan internasional negara-negara kepulauan dan negara-negara pulau kecil dapat menjadi bagian dari solusi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kelautan pemulihan ekonomi
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top