Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapolri Ungkap Penyimpangan Oleh Anggota Polri Turun Sepanjang 2021

Listyo memperinci, pelanggaran disiplin menurun 20,67 persen, pelanggaran KEPP tutn 37,29 persen, pidana oleh anggota Polri menurun 18,31 persen.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  15:31 WIB
Ilustrasi - JIBIPhoto
Ilustrasi - JIBIPhoto

Bisnis.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prasetyo menyebut jumlah penyimpangan anggota Polri mengalami penurunan selama tahun 2021. Penyimpangan dimaksud terdiri dari pelanggaran disipiln hingga tindak pidana.

"Dalam hal penyimpangan anggota Polri, pelanggaran disiplin, Kode Etik Profesi Polri, dan pidana di tahun 2021, seluruhnya mengalami penurunan," kata Jenderal Sigit dalam rapat kerja dengan Komisi III, Senin (24/1/2022).

Listyo memperinci, pelanggaran disiplin menurun 20,67 persen, pelanggaran KEPP tutn 37,29 persen, pidana oleh anggota Polri menurun 18,31 persen.

"Tentunya data ini menunjukkan bahwa Polri secara bertahap melakukan perbaikan, meskipun masih terjadi beberapa kejadian dan persepsi yang berkembang di media, baik media mainstream maupun media sosial, terkait pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri," ujar Listyo.

Listyo menyebut penyebab pelanggaran ini merupakan faktor individu dan organisasi. Untuk mengantisipasi penyimpangan anggota, Listyo pun meminta pengawasan hingga tingkat polsek.

"Polri telah melakukan penelitian terkait dengan penyebab penyimpangan-penyimpangan, antara lain penyebab penyimpangan terdiri dari faktor individu dan faktor organisasi. Untuk meminimalisir faktor-faktor tersebut kami akan melakukan pengawasan sampai dengan titik-titik terkecil atau polsek agar pelaksanaan tugas Polri berjalan dengan baik," katanya.

Listyo pun memastikan akan menindak anggota Polri yang menyimpang secara terbuka. Di sisi lain, bagi anggota yang bekerja dan berprestasi baik akan diberikan penghargaan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polisi kapolri
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top