Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi akan Gelar Konferensi Pers Terkait Vaksin Booster, Bakal Gratis?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui vaksinasi dosis lanjutan atau booster.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  16:21 WIB
Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui vaksinasi dosis lanjutan atau vaksin booster.

“Vaksinasi booster sendiri Pak Presiden sudah menyetujui dan akan ada konferensi pers khusus oleh beliau untuk mengupdate vaksinasi booster ini,” kata Budi dalam jumpa persnya, dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (10/1/2022).

Sayangnya, Budi tidak menjelaskan secara detail soal informasi yang akan disampaikan Presiden Jokowi terkait program vaksin Booster.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat 5 jenis vaksin Covid-19 sebagai booster. Pelaksanaan perdana vaksin booster untuk masyarakat umum akan digelar 12 Januari mendatang.

"Dalam hal ini ada lima vaksin yang telah mendapatkan EUA," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers, Senin (10/1/2022).

Adapun, kelima jenis vaksin yang telah mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari BPOM untuk booster antara lain adalah CoronaVac (Sinovac), Pfizer, AstraZeneca, Moderna, Zifivax.

Dalam kesempatan tersebut, Penny juga mengatakan pemberian rekomendasi vaksin booster Covid-19 ini sudah mendapat rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Persetujuan pemberian izin ini diberikan untuk skema homologus atau penyuntikan dosis ketiga dengan merek yang sama dengan dua dosis sebelumnya.

Ke depannya, ada dua skema pemberian vaksin booster di Indonesia yakni gratis dan mandiri atau berbayar. Untuk skema mandiri, Kemenkes belum mengeluarkan aturan lebih lanjut mengenai harga dan jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan.

Program vaksin booster ini akan menyasar golongan warga lanjut usia (lansia) terlebih dahulu dan kelompok peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang akan mendapatkan booster secara gratis.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Vaksin Covid-19 Vaksin Booster Vaksin Booster Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top