Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketegangan AS-China Soal Taiwan Jadi Risiko Utama untuk Asia di 2022

Presiden Longview Global Advisors D.J. Peterson mengatakan bahwa segala pergerakan Washington terkait dengan Taiwan akan dipandang negatif oleh Beijing.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 05 Januari 2022  |  14:54 WIB
Joe Biden (kiri) saat masih menjabat Wapres AS bertemu Presiden China Xi Jinping dalam satu kesempatan di Balai Agung Rakyat China di Beijing pada tahun 2011. - Antara\r\n\r\n
Joe Biden (kiri) saat masih menjabat Wapres AS bertemu Presiden China Xi Jinping dalam satu kesempatan di Balai Agung Rakyat China di Beijing pada tahun 2011. - Antara\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Ketegangan hubungan antara Amerika Serikat dan China atas Taiwan bakal menjadi tantangan utama bagi negara di Asia dalam setahun ke depan.

Dilansir CNBC International, pada Selasa (4/1/2022), Presiden Longview Global Advisors D.J. Peterson mengatakan bahwa segala pergerakan Washington terkait dengan Taiwan akan dipandang negatif oleh Beijing.

"Itu adalah risiko tertinggi di Asia pada 2022. Jika Anda melihat hubungan antara Amerika Serikat dan China saat ini, itu benar-benar jenis hubungan 'Perang Dingin 2',” katanya kepada CNBC dalam acara Streets Signs Asia.

Pada akhir tahun lalu, Presiden Joe Biden menandatangani beleid yang dikenal sebagai Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional (NDAA) untuk tahun fiskal 2022. Hal ini dianggap sebagai tanda keretakan hubungan kedua negara.

"Undang-undang NDAA yang ditandatangani baru-baru ini, memiliki beberapa ketentuan yang tidak disukai Beijing, termasuk tawaran ke Taiwan ini. Tawaran apa pun oleh negara mana pun ke Taiwan dipandang tidak memberikan keuntungan apapun bagi Beijing - dan mereka merespons dengan sangat keras," katanya.

China mengklaim Taiwan sebagai bagian dari teritorialnya dengan menekan pula demokratis itu menerima aturan darinya.

Kesulitan terbesar bagi negara-negara Asia adalah bagaimana menyikapi persaingan kepentingan antara AS dan China, kata Peterson.

“Tantangan bagi Taiwan dan pemain regional pada 2022 adalah: bagaimana negara menyeimbangkan … kepentingan geopolitik, kepentingan perdagangan, teknologi dan kepentingan rantai pasokan dengan China, serta dengan Amerika Serikat.”

Olimpiade Musim Dingin Beijing akan menjadi ujian pertama bagi China untuk membangun citra di panggung global, termasuk di depan mitra Asia-nya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china amerika serikat taiwan geopolitik
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top