Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airlangga Ungkap Perkembangan Vaksin Booster, Ini Hasilnya

Sasaran utama penerima vaksinasi lanjutan atau booster adalah Tenaga Kesehatan (nakes), tenaga penunjang yang bekerja di Fasyankes, lansia, dan masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI).
Airlangga Hartarto/JIBI-Yayus Yuswoprihanto
Airlangga Hartarto/JIBI-Yayus Yuswoprihanto

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan perkembangan perihal program vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster) mandiri.

Untuk pelaksanaan program vaksinasi dosis lanjutan (booster), yang menjadi sasaran utama adalah tenaga kesehatan (nakes), tenaga penunjang yang bekerja di Fasyankes, lansia, dan masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Adapun, vaksin booster ini akan didistribusikan oleh PT Biofarma dan/atau perusahaan farmasi yang memenuhi standar dalam pengiriman vaksin/logistik dan pelaksanaan vaksinasi serta dapat dilakukan secara homolog maupun heterolog.

"Program vaksinasi dosis lanjutan juga masih menunggu laporan dan rekomendasi ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) pada 10 Januari 2022," katanya, dikutip dari siaran pers Kemenko Perekonomian, Senin (27/12/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa secara keseluruhan laju rata-rata vaksinasi dalam seminggu terakhir sedikit meningkat sejak vaksinasi anak dimulai, dengan rata-rata 1.219.453 dosis per hari.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini juga mengatakan, vaksinasi anak (6-11 tahun) tersebut menambah laju vaksinasi harian lebih dari 300 ribu dosis dalam 4 hari terakhir.

"Total sebanyak 2.324.644 dosis telah disuntikkan untuk anak usia 6-11 tahun. Sedangkan, laju vaksinasi di wilayah luar Jawa Bali meningkat dan menyumbang 55,6% dari laju rata-rata harian nasional," tutur Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper