Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

11 Jenazah PMI Korban Kapal Tenggalam Tiba di Batam

Setibanya di Batam, ke 11 jenazah PMI Jenazah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Kepulauan Riau.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  06:08 WIB
Ilustrasi kapal tenggalam
Ilustrasi kapal tenggalam

Bisnis com, JAKARTA -- 11 jenazah pekerja migran Indonesia yang menjadi korban kapal tenggelam di perairan Johor Bahru, Malaysia, tiba di Kota Batam Kepulauan Riau.

Jenazah dipulangkan ke Tanah Air menggunakan Kapal Polri Laksamana — 7012. Setibanya di Batam, jenazah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Kepulauan Riau. 

Dia menyatakan tim DVI Polri yang terdiri dari dokter forensik, ahli DNA, patologi forensik dan ahli sidik jari akan melakukan re-eksaminasi.

"Pada hari ini kami mengevakuasi 11 jenazah dari 21 jenazah (yang ditemukan)," kata Kepala Satgas Operasi Misi Kemanusiaan Internasional Brigjen Pol Krishna Murti dilansir dari Antara, Jumat (24/12/2021).

Identitas para korban kapal yang tenggelam pada Rabu (15/12/2021) akan diumumkan setelah proses identifikasi. Diperkirakan terdapat 30 orang lagi yang masih belum ditemukan.

Sedangkan 13 WNI yang selamat dari musibah kapal itu masih berada di Malaysia.

Dalam kesempatan itu, ia menegaskan pihaknya juga berupaya keras mengungkap kejadian pengiriman PMI ilegal itu ke Malaysia.

Di tempat yang sama, Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI Irjen Pol Achmad Kartiko akan memfasilitasi pemulangan jenazah sampai ke daerah asal.

"Atas nama kepala badan dan jajaran, menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah ini, yang memakan korban jiwa 21 orang meninggal dunia, 30 hilang dan 13 selamat akan ditangani secara hukum oleh pihak imigrasi Malaysia," kata dia.

Ia menyatakan perang terhadap sindikat penempatan PMI ilegal. Negara tidak boleh kalah menghadapi sindikat, mafia, jaringan, dan pelaku yang terlibat.

"Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan di pusat dan daerah, bersama tokoh masyarakat dan pemerintah memerangi penempatan PMI ilegal," kata dia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam Pekerja Migran Indonesia

Sumber : Antara

Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top