Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Festival Diskon Nasional 2021, Luhut Berharap Transaksi Produk Lokal Naik

Luhut Pandjaitan berharap Festival Diskon Nasional (FDN) 2021 mampu menaikkan nilai transaksi produk artisan atau UMKM khas dari seluruh Indonesia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 05 Desember 2021  |  17:01 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan berharap Festival Diskon Nasional (FDN) 2021 mampu menaikkan nilai transaksi produk artisan atau UMKM khas dari seluruh Indonesia.

“Saya sangat berharap agar FDN ini mampu menaikkan nilai transaksi produk artisan atau UMKM kita. Ini juga sejalan dengan semangat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), untuk mencintai dan memakai produk karya anak bangsa,” kata Luhut dikutip melalui laman resmi Kemenko Marves, Minggu (5/12/2021).

Untuk diketahui, Festival Diskon Nasional (FDN) 2021 kembali diadakan yang merupakan bagian dari rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diadakan di 11 provinsi.

Adapun, DKI Jakarta pada akhirnya menjadi provinsi terakhir yang menutup rangkaian Gernas BBI selama 1 tahun ke belakang dengan acara FDN 2021.

Luhut menilai, terdapat perkembangan dari sisi kuantitas dan kualitas UMKM/IKM/artisan Indonesia yang masuk ekosistem digital. Secara nasional, sejak 14 Mei 2020 hingga Oktober 2021 terjadi peningkatan UMKM atau artisan sebanyak 100 persen atau lebih dari 8 juta unit sehingga telah ada 16 juta unit artisan yang masuk ke ekosistem digital.

Luhut mengatakan bahwa pencapaian ini adalah atas usaha seluruh pihak untuk memajukan Indonesia melalui semangat BBI. Dia berharap agar provinsi yang telah berhasil mengadakan Gernas BBI sepanjang 2021 dan berhasil untuk terus mendukung produk khas UMKM dan IKM dari daerahnya untuk tetap mendorong pertumbuhan UMKM dan IKM produk artisan Indonesia.

“Bali, Sumut, NTB, Jabar, Jateng, NTT, Sulut, Jatim, Aceh, Kaltim, Maluku, dan DKI Jakarta harus menjadi contoh bagi daerah lain dalam pengembangan produk UMKM dan IKM produk artisan Indonesia. Semangat BBI harus selalu dijaga dan diimplementasikan dengan cara melakukan bimbingan bagi para pelaku usaha mengembangkan produknya dan berinovasi,” tegas Luhut.

Menteri BUMN Erick Tohir pun berharap FDN 2021 mampu memperkenalkan berbagai produk UMKM berkualitas dan berdaya saing tinggi dari Indonesia. Selain itu keduanya juga menitikberatkan pada adanya pemanfaatan ekosistem digital bagi para UMKM dan IKM onboarding Indonesia.

“FDN 2021 akan banyak memperkenalkan produk khas dari Indonesia, khususnya di DKI Jakarta. Berbagai diskon belanja untuk produk lokal akan diberikan,” ujar Erick.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi juga menambahkan, bahwa ekosistem digital dalam FDN 2021 akan membantu proses jual beli barang produk UMKM dan IKM produk artisan Indonesia.

“Dengan ekosistem digital, seluruh proses jual beli akan menjadi lebih mudah. Tidak ada alasan lagi untuk kita tidak melakukan kreatifitas dan inovasi dalam produk,” ujar Darmawan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm diskon Luhut Pandjaitan
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top