Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mensesneg: Presiden Jokowi Minta Jajaran Menteri Bereaksi Cepat Hadapi Omicron

Presiden meminta jajaran menteri untuk mempelajari kasus Omicron yang sedang melanda negara-negara lain.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  17:57 WIB
Mensesneg Pratikno menyampaikan keterangan pers di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3/2020).ANTARA FOTO - Sigid Kurniawan
Mensesneg Pratikno menyampaikan keterangan pers di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3/2020).ANTARA FOTO - Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada jajaran menteri agar selalu waspada dan bereaksi cepat untuk mengantisipasi persebaran varian baru Virus Corona, Omicron atau varian B.1.1.529.

“Selalu waspada, selalu mengikuti dinamika lapangan, dan bereaksi cepat terhadap kemungkinan dinamika itu,” kata Mensesneg Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, mengutip Antara, Rabu (1/12/2021)

Pratikno mengatakan Presiden Jokowi pada Rabu pagi telah memanggil sejumlah menteri, di antaranya Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri yang diwakili Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, dan menteri terkait lainnya untuk membahas secara spesifik Omicron.

Presiden juga meminta jajaran menteri untuk mempelajari kasus Omicron yang sedang melanda negara-negara lain

“Intinya kita harus selalu waspada, harus stand by, sesuai kapasitas yang ada harus selalu siaga. Dalam waktu dekat akan ada penjelasan lebih lanjut dari menteri terkait,” kata Mensesneg.

Presiden Jokowi juga meminta jajarannya untuk terus mempercepat vaksinasi Covid-19 ke masyarakat, dan memastikan penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Selain itu, kata Pratikno, Kepala Negara juga meminta agar rumah sakit selalu siap jika ada kenaikan kasus Covid-19.

“Oleh karena itu seandainya ada kasus, bagaimana jika ada kasus, rumah sakit selalu siaga,” ujar Mensesneg.

Sebelumnya, pemerintah telah menerapkan kebijakan untuk mengantisipasi persebaran kasus impor dan varian baru Virus Corona, yakni penangguhan sementara kepada WNA (Warga Negara Asing) dengan riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir ke Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Mozambique, Malawi, Zambia, Zimbabwe, Angola, Namibia, dan Hong Kong.

Sementara WNI (Warga Negara Indonesia) yang memiliki riwayat perjalanan ke negara-negara tersebut dalam 14 hari terakhir tetap diizinkan untuk kembali ke Indonesia dengan kewajiban menjalani karantina selama 14 hari.

Sedangkan untuk WNA dan WNI dari negara lain yang tidak disebutkan di atas wajib melakukan penyesuaian durasi karantina menjadi 7x24 jam.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mensesneg Adaptasi Kebiasaan Baru omicron

Sumber : Antara

Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top