Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naskah Langka Tulisan Albert Einstein Dilelang, Berapa Harganya?

Naskah langkah tulisan Albert Einstein itu diperkirakan bakal dilelang dengan harga fantastis.
 Fisikawan Nobel Albert Einsten/Istimewa
Fisikawan Nobel Albert Einsten/Istimewa

Bisnis.com, SOLO - Sebuah manuskrip atau naskah tulisan tangan langka karya fisikawan Albert Einstein akan dilelang di rumah lelang Aguttes, Paris, pada Selasa (23/11/2021) besok.

Naskah tua itu diperkirakan dibanderol dengan harga selangit, yakni antara 2,3-3,4 juta Euro. Jika dirupiahkan, nominal tersebut setara sekitar Rp37 miliar-Rp55 miliar.

“Tidak diragukan lagi ini adalah manuskrip Einstein paling berharga yang pernah dilelang," ujar pihak rumah lelang seperti yang dikutip Phys, Senin (22/11/2021).

Dokumen setebal 54 halaman itu ditulis tangan pada tahun 1913 dan 1914 di Zurich, Swiss, oleh Einstein dan rekan serta orang kepercayaannya, insinyur Swiss, Michele Besso.

“Berkat Besso manuskrip itu disimpan untuk anak cucu,” katanya lagi.

Diketahui, naskah ini sendiri hampir seperti keajaiban. Pasalnya, ilmuan jenius kelahiran Jerman itu tidak mungkin berpegang pada apa yang dia anggap sebagai dokumen kerja sederhana saat itu.

Namun, makalah itu menawarkan penyelaman yang menarik ke dalam pikiran ilmuwan terbesar abad ke-20 itu.

Lepas dari itu, Einstein, yang meninggal pada tahun 1955 di usia 76, dianggap sebagai salah satu fisikawan terbesar yang pernah ada. Dia merevolusi bidangnya dengan teori relativitas dan berkontribusi besar dalam mekanika kuantum teori.

Tak heran, pada 1921, Einstein pun memenangkan hadiah Nobel fisika.

Sosoknya, kemudian diadopsi oleh budaya pop sebagai ikon ilmuwan jenius, tentu dibantu dengan ciri khas rambutnya yang sulit diatur, kumis, dan alis yang lebat.

Sementara itu, sebelum ini, salah satunya tulisan tangannya yang memperdebatkan konsep agama, Tuhan, dan pencarian makna juga pernah dilelang.

Tulisan tangan yang disebut sebagai “Surat Tuhan” itu oleh Balai Lelang Christie ditawarkan sekitar US$1 juta hingga US$1,5 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper