Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kader NU Borong 5 Pesawat N219 Senilai Rp400 Miliar

Kader Nahdlatul Ulama memborong lima pesawat N219 yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia sebanyak lima unit.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 November 2021  |  13:45 WIB
Pesawat N219 yang pada 16 Agustus 2017 telah melakukan uji terbang perdana dan pada 10 November 2017 bertepatan dengan Hari Pahlawan diberi nama Nurtanio oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.  - ANTARA
Pesawat N219 yang pada 16 Agustus 2017 telah melakukan uji terbang perdana dan pada 10 November 2017 bertepatan dengan Hari Pahlawan diberi nama Nurtanio oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Kader Nahdlatul Ulama (NU) membeli pesawat N219 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia. Tak tangung-tanggung, kader NU tersebut membeli lima unit pesawat sekaligus dengan harga totalnya mencapai Rp400 miliar.

Instruktur Nasional Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) Kiai Adnan Anwar mengatakan, lima pesawat yang telah dibeli tersebut akan digunakan untuk memperkuat sinergi antarkader NU dan memperluas jejaring NU dalam rangka konsolidasi nasional menuju satu abad NU 2026.

Selain itu, alasan kader PKPNU tertarik untuk membeli pesawat tersebut juga bagian dari upaya mendorong perkembangan industri pesawat terbang nasional.

Sementara itu, Manajer Program pesawat N219, Palmana Banandhi, mengatakan pesawat N219 yang dibeli kader NU itu dijual dengan harga Rp80 miliar per unit.

Menurutnya, pesawat yang merupakan hasil karya anak bangsa itu dapat difungsikan untuk mengakut penumpang sipil, angkutan militer, angkutan barang atau kargo, evakuasi medis, hingga penyaluran bantuan saat bencana alam.

Pesawat N219 mendapatkan type certificate untuk kelaikan udara setelah melakukan penerbangan selama 340 jam.

Pesawat N219 bisa terbang dengan kecepatan maksimum 210 knot dan kecepatan terendah hingga 59 knot.

Dengan kemampuan itu, pesawat N219 dapat bergerak dengan fleksibel saat melalui wilayah tebing dan pegunungan karena dapat terbang dengan kecepatan cukup rendah tapi terkendali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat nahdlatul ulama

Sumber : NU.or.id

Editor : Setyo Puji Santoso

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top