Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika Besok

Presiden Jokowi akan meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11).
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 11 November 2021  |  16:45 WIB
Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). /Antara Foto-Ahmad Subaidi - aww
Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). /Antara Foto-Ahmad Subaidi - aww

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Wododo (Jokowi) akan meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11).

"Iya besok kita akan meresmikan Sirkuit Mandalika dan setelah itu event yang ada disana bisa berjalan, baik Superbike maupun Moto GP," kata Jokowi kepada awak media usai menghadiri HUT ke-10 Partai NasDem di Kampus ABN Partai NasDem, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (11/11/2021).

Selain melakukan peresmian, Presiden Jokowi juga dikabarkan akan menjajal langsung sirkuit tersebut dengan menggunakan motor yang telah dimodifikasi.

Hal itu diketahui dari unggahan video Gubernur NTB Zulkifliemansyah melalui akun media sosialnya. Dari video tersebut nampak motor berwarna hijau dan putih yang di bodi sampingnya terdapat tulisan RI-1.

"Pak Jokowipun tak sabar lagi utk menjajal sirkuit Mandalika besok sore," ujar Zulkifliemansyah.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan bahwa gelaran balapan di sirkuit internasional Mandalika akan memunculkan efek berganda atau multiplier effect bagi perekonomian hingga Rp500 miliar setiap tahunnya, atau setiap penyelenggaraan balap.

Menurutnya, gelaran balapan skala internasional akan mendatangkan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga menarik devisa untuk negara. Airlangga menilai bahwa gelaran balapan setiap tahunnya akan berdampak positif bagi perekonomian Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Di saat yang bersamaan juga menggeliatkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat Lombok, karena potensi ekonomi [multiplier effect] diperkirakan mencapai Rp500 miliar per tahun [setiap gelaran balap],” ujar Airlangga.

Adapun, ajang internasional yang terdekat akan diselenggarakan adalah event World Superbike (WSBK) 2021 pada 12-14 November 2021 di sirkuit tersebut.

Penjualan tiket untuk menonton WSBK diketahui mulai dibuka pada platform website Xplorindonesia (Xplorin.id), dan dapat diakses secara offline di Lombok Epicentrum Mall (LEM) serta Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok.

Tiket untuk 19 November dibanderol pada harga Rp150.000 - Rp300.000. Sedangkan untuk tanggal 20 November dijual pada harga Rp238.500 - Rp846.000.

Sementara untuk hari terakhir 21 November tiket dimulai dari harga Rp397.500 - Rp1.410.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mandalika World Superbike
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top