Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Tangkapan layar - Tausiyah Majelis Syura Partai Ummat oleh Profesor Dr. H. M. Amien Rais, M.A. Partai ini dideklarasikan pada 29 April 2021 dan mendapat pengesahan sebagai partai politik di Indonesia dengan terbitnya Surat Keputusan (SK) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada tanggal 20 Agustus 2021. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Lihat Foto
Premium

Jalan Terjal Parpol Baru Menuju Pemilu 2024

Sedikitnya ada 16 parpol baru sejak berakhirnya Pemilu 2019 dan masuknya era pandemi Covid-19 dalam 20 bulan terakhir, namun kehadirannya tidak banyak diekspos di media konvensional seperti televisi, radio, dan koran. Alasannya adalah akibat keterbatasan ruang gerak dan “tenaga penggerak” berupa dana selama masa pandemi Covid-19. Seperti apa peluang parpol ini pada Pemilu 2024?
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com
11 November 2021 | 12:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 20 bulan terakhir ternyata tidak menyurutkan semangat para politisi untuk mendirikan partai politik (parpol).

Buktinya, tidak sedikit parpol baru muncul dalam kurun hampir dua tahun terakhir. Meski tidak sepopuler ketika awal-awal Era Reformasi menjelang Pemilu 1999, pelan tapi pasti, pendirian parpol baru mulai mencuri perhatian publik.

Memang, pendirian instrumen demokrasi itu tidak banyak terlihat melalui pengumpulan massa atau kehadiran fisik akibat pembatasan pergerakan orang karena pandemi Covid-19.

Menurut berbagai sumber, sedikitnya sudah ada 16 parpol baru sejak berakhirnya Pemilu 2019 dan masuknya era pandemi Covid-19 sejak 20 bulan terakhir. 

Parpol baru tersebut adalah: Partai Gelora Indonesia, Partai Ummat, Partai Masyumi, Partai Era Masyarakat Sejahtera, Partai Usaha Kecil Menengah, Partai Indonesia Terang, Partai Hijau Indonesia, dan Partai Rakyat Adil Makmur.

Selain itu, ada pula Partai Dakwah Rakyat Indonesia, Partai Kristen Indonesia 1945, Partai Indonesia Damai, Partai Demokrasi Rakyat Indonesia Sejahtera, Partai Swara Rakyat Indonesia, Partai Nusantara, Partai Negeri Daulat Indonesia, dan Partai Kebangkitan Nusantara.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top