Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBY Mengidap Kanker Prostat, Langsung Telepon Jokowi

Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengidap kanker prostat. SBY langsung menelepon Jokowi untuk berobat ke luar negeri.
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono./Twitter @Andiarief_
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono./Twitter @Andiarief_

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan mengidap kanker prostat. SBY langsung menelepon Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberi tahu kondisi kesehatannya. 

Staf Pribadi Presiden RI Ke-6 Ossy Dermawan membenarkan bahwa SBY mengidap kanker prostat. SBY akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri dalam waktu dekat.

"Benar, sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (2/11/2021).

Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan atau stadium awal.

Menurut Ossy, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan suami almarhum Ani Yudhoyono tersebut.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," imbuh Ossy.

Dia menambahkan komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani SBY.

Ketua Tim Dokter luar negeri, lanjutnya, melakukan komunikasi langsung dengan SBY via telemedicine. Setelah mempelajari semua data kesehatan SBY, Tim Dokter luar negeri menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit kanker prostat yang diderita SBY.

Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut, dia mengatakan SBY sudah menelepon Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri.

"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," ucap Ossy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper