Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fenomena Burung Pipit Mati Mendadak Massal di Cirebon, Bali dan Sukabumi

Ratusan burung pipit mati mendadak diduga karena perubahan cuaca atau racun hama atau serangga.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 15 September 2021  |  07:59 WIB
Ratusan burung pipit mati mendadak dan bangkainya memenuhi area parkir Balai Kota Cirebon. Beberapa ekor burung di antaranya masih terpantau hidup namun tak bisa terbang karena terkena air hujan. - Twitter @infojawabarat_
Ratusan burung pipit mati mendadak dan bangkainya memenuhi area parkir Balai Kota Cirebon. Beberapa ekor burung di antaranya masih terpantau hidup namun tak bisa terbang karena terkena air hujan. - Twitter @infojawabarat_

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena tidak biasa terjadi di Balai Kota Cirebon, Jawa Barat, ratusan burung pipit mati mendadak. Bangkai burung-burung tersebut memenuhi area parkir Balai Kota Cirebon.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @Infojawabarat_, Rabu (15/9/2021), beberapa ekor burung pipit tampak masih bernyawa.

Fenomena tersebut untuk kedua kalinya, setelah kejadian serupa terjadi di Provinsi Bali beberapa waktu lalu.

Sejauh ini, belum ada informasi saintifik yang menjelaskan fenomena di Balai Kota Cirebon tersebut. Namun, dalam kolom komentar akun tersebut dijelaskan burung pipit mati diduga setelah Cirebon memasuki musim hujan.

Kendati demikian, belum diketahui secara pasti penyebab kematian massal burung pipit tersebut.

Selain di Bali, fenomena kematian massal burung pipit juga terjadi sebelumnya di Sukabumi, Jawa Barat. Kejadian tersebut terjadi bahkan pada awal Juli 2021.

Mengutip pemberitaan Tempo (11/9/2021), Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi Budina Eka Prasetya mengatakan pemeriksaan telah dilakukan atas peristiwa di wilayahnya lebih dari sebulan lalu uji laboratorium hasilnya negatif flu burung

Faktor lain yang menjadi penyebab kematian dari hasil uji sampel bangkai burung, yaitu perubahan cuaca atau racun hama atau serangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

flu burung burung musim hujan
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top