Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singapura Segera Tambah Bantuan Iso Tank dan Liquid Oxygen ke Indonesia

Pemerintah Singapura sejauh ini sudah memberikan bantuan sebanyak lima Iso Tank.
Patung Merlion berdiri di depan gedung-gedung pencakar langit di Singapura, Selasa (24/3/2020)./Bloomberg-Wei Leng Tay
Patung Merlion berdiri di depan gedung-gedung pencakar langit di Singapura, Selasa (24/3/2020)./Bloomberg-Wei Leng Tay

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Singapura berkomitmen untuk menambah bantuan Iso Tank sebanyak 24 unit kepada Indonesia, dan akan dikirimkan secara bertahap dalam enam minggu ke depan.

Adapun, Iso Tank merupakan kontainer berbentuk tangka yang memiliki ukuran standar tertentu yang umumnya digunakan untuk memuat kargo cair dan gas.

“Pemerintah Singapura berkomitmen menambah bantuan Iso Tank dan Liquid Oxygen sebanyak 24 unit. Melalui Smart Gas akan dilakukan refurnished terhadap Iso Tank yang tersedia di Singapura dan sebagian lagi akan dipesan yang baru dari Tiongkok,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto setelah bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, seperti yang dikutip dalam siaran pers, Rabu (14/7/2021).

Pemerintah Indonesia memperkirakan kebutuhan tambahan Iso Tank pendistribusian oksigen sekitar 140 unit. Sementara, pemerintah Singapura sejauh ini sudah memberikan bantuan sebanyak lima Iso Tank.

Airlangga menyatakan bahwa pemerintah Indonesia berterima kasih atas respons cepat dalam penambahan peralatan yang dibutuhkan untuk distribusi oksigen. Hal tersebut disampaikannya usai melakukan kunjungan ke Singapura, dan bertemu dengan PM Lee Hsien Loong dan para menterinya.

“Saat pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong dan para Menteri Singapura selalu ditanyakan bantuan apa yang bisa dilakukan Singapura, terutama di dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Pemerintah Indonesia berterima kasih atas respon cepat untuk menambah peralatan yang dibutuhkan untuk distribusi oksigen. Sekarang ini tantangannya memang bagaimana produksi oksigen yang ada bisa cepat sampai kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Airlangga.

Dalam upaya penanganan Covid-19, terutama varian Delta dengan tingkat penyebaran sangat cepat, Airlangga menyebut pemerintah Indonesia terus mengambil langkah pengendalian. Misalnya, penambahan tempat-tempat isolasi mandiri untuk pasien terinfeksi Covid-19. Penambahan ruang isolasi mandiri memerlukan dukungan peralatan baik tabung silinder maupun Iso Tank untuk mendistribusikan oksigen yang ada.

Di samping itu, Airlangga yang juga merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) turut bertemu dengan para pengusaha Indonesia di Singapura. Dia juga mengapresiasi inisiatif para pengusaha untuk mengumpulkan bantuan oxygen concentrator.

Sejauh ini, sudah terkumpul 11.000 oxygen concentrator dan pengiriman pertama sebanyak 1.500 unit sudah tiba di Jakarta. Kolaborasi antara pengusaha Indonesia dan pengusaha Singapura diatur oleh Temasek. Sementara, Iistri PM Singapura, Ho Ching, turun tangan langsung untuk memastikan donasi itu bisa terkumpul dan dikirimkan ke Indonesia sesegera mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper