Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes Budi: 4 Strategi Harus Dilakukan Bersamaan untuk Atasi Pandemi

Budi lagi-lagi mengingatkan bahwa vaksinasi saja tidak cukup, dan 4 strategi yang telah dicanangkan harus berjalan bersama-sama.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 28 Mei 2021  |  16:30 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin (10/05/2021), di Jakarta - Humas Setkab - Rahmat
Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin (10/05/2021), di Jakarta - Humas Setkab - Rahmat

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menilai bahwa untuk mengatasi pandemi, ketersediaan vaksin saja tidak akan cukup. Program vaksinasi, menurutnya, mesti dilakukan bersamaan dengan 3 strategi lain yakni pengetesan, penyediaan fasilitas kesehatan dan protokol kesehatan.

"Vaksinasi bukan satu-satunya. Untuk mengatasi pandemi ini kita harus mengutamakan protokol kesehatan, testing, kesiapan rumah sakit, dan vaksinasi. Keempat strategi ini harus dilakukan bersama-sama," kata Budi.

Untuk itu, dalam rangka menyukseskan keempat strategi, Budi menilai partisipasi diperlukan oleh semua lapisan masyarakat.

Di level paling bawah misal, masyarakat perlu terus menjaga kesadaran terhadap budaya 5M. Di antaranya adalah menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

Kemudian, di tataran atas, pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu mengambil kebijakan yang sinergis antara satu dengan yang lain.

"Tidak ada negara di dunia, termasuk WHO, yang telah menemukan resep yang tepat dan komperhensif untuk mengatasi pandemi. Semua negara di dunia masih terus melakukan modifikasi-modifikasi dari kebijakan dan intervensi untuk mencari mana yang paling pas," tambahnya.

Hingga Kamis (28/5) kemarin, Satgas Penanganan Covid-19 BNPB mencatat jumlah kasus Covid-19 aktif di Indonesia masih mencapai angka 98.405. 

Secara kumulatif, total kasus terkonfirmasi telah mencapai 1.797.499 dengan 1.649.187 di antaranya sembuh dan 49.907 korban meninggal dunia.

Sedangkan menyoal vaksinasi, sebanyak 15.703.583 telah menerima dosis tahap pertama dan 10.359.996 di antaranya telah menerima dosis kedua. Pemerintah menargetkan vaksinasi bisa menjangkau minimal 40.349.049 penduduk.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkes Virus Corona
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top