Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sungai Deli Meluap, Ratusan Rumah di Medan Terendam

Ratusan rumah di Kota Medan terendam akibat meluapnya Sungai Deli pada hari kedua lebaran.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Mei 2021  |  02:22 WIB
Seorang anak menatap rumah neneknya di Perumahan Arjuno 4 Kecamatan Baamang yang terendam banjir saat Lebaran Idulfitri, Kamis (13/5/2021) pagi. - Antara
Seorang anak menatap rumah neneknya di Perumahan Arjuno 4 Kecamatan Baamang yang terendam banjir saat Lebaran Idulfitri, Kamis (13/5/2021) pagi. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Sungai Deli yang melintasi Kota Medan meluap hingga dua meter dan menyebabkan ratusan rumah di sekitarnya terendam banjir.

"Sungai Deli itu mengalami banjir tepatnya pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah (13/5) sekira pukul 03.00 WIB, dan tidak ada korban jiwa maupun yang mengalami luka-luka," ujar Yusmaniar Sikumbang, salah satu warga Kampung Aur Medan, sebagaimana dilansir dari Antara, Sabtu (15/5/2021).

Dia menjelaskan, Sungai Deli itu berlokasi di Kampung Aur Lingkungan IV, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Selama ini Sungai Deli itu jarang mengalami banjir. Kalaupun mengalami banjir pada pertengahan tahun atau pada awal tahun.

"Makanya kami heran, pada Hari Raya Lebaran 2021 ini, Sungai Deli mengamuk dan terjadi banjir yang meredam rumah warga di Kampung Aur," ujaranya.

Sikumbang menjelaskan, saat terjadinya banjir tersebut, banyak warga yang tidak mengetahui karena capek setelah habis bekerja dan tertidur lelap."Tiba-tiba saja air banjir berasal dari Sungai Deli itu sudah merendam rumah yang cukup rendah," kata Yusmaniar Sikumbang.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu meninjau warga terdampak banjir kiriman dan meluapnya Sungai Deli di Kelurahan Aur bertepatan dengan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah.

"Kami ingin memastikan kondisi warga yang terdampak banjir tadi pagi. Selain bersilaturahim, karena bertepatan dengan 1 Syawal," katanya di lokasi banjir Kelurahan Aur Medan, Kamis (13/5).Ia mengaku, pihaknya mendapat informasi aliran Sungai Deli di Kelurahan Aur mulai meluap sekitar pukul 03.00 WIB, dan baru surut tiga jam kemudian atau tepatnya pukul 06.00 WIB.

Wali Kota mengatakan, begitu dirinya tiba di lokasi terdampak banjir langsung meninjau kondisi Sungai Deli, karena baru selesai meluap yang menggenangi rumah warga.Selain melakukan peninjauan, Wali Kota Medan juga menyerahkan bantuan dari Pemkot Medan berupa makanan untuk warga terdampak banjir di lokasi tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medan bobby nasution

Sumber : Antara

Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top