Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Rayakan Lebaran yang Ramah Lingkungan

Merayakan Lebaran dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan sampah menjadi sangat penting, demi kesehatan bumi.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 13 Mei 2021  |  14:19 WIB
Pedagang membuat kulit ketupat di salah satu pasar di Jakarta, Selasa (11/5/2021). Menjelang hari Idulfitri, marak pedagang kulit ketupat musiman menggelar dagangannya di pasar-pasar hingga ke tepi jalan. Harganya Rp10.000-Rp15.000 per 10 unit.  - Bisnis/Himawan L Nugraha
Pedagang membuat kulit ketupat di salah satu pasar di Jakarta, Selasa (11/5/2021). Menjelang hari Idulfitri, marak pedagang kulit ketupat musiman menggelar dagangannya di pasar-pasar hingga ke tepi jalan. Harganya Rp10.000-Rp15.000 per 10 unit. - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA--Ramadan adalah bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia.  Setiap negara memiliki tradisi merayakan Lebaran. Meskipun  tahun ini tidak akan berbeda dari tahun lalu karena pandemi belum berakhir, namun tidak membuatnya  kurang khidmat.

Namun tanpa disadari, merayakan meriahnya Lebaran justru memicu timbulnya banyak sampah. Hal itu sangat berdampak buruk pada lingkungan.

Melansir dari Greenhope, Kamis (13/5/2021),berikut lima tips yang bisa dilakukan agar Lebaran tetap maksimal sambil menjaga lingkungan:

1. Potong Limbah

Konsumsi selama bulan Ramadan terutama saat Lebaran cenderung berlebihan karena akan banyak makanan musiman. Terutama makanan tradisional yang bernuansa nostalgia dan sulit ditolak. Tapi ingat bahwa Tuhan menasihati Muslim untuk menghindari pemborosan

“Wahai Anak Adam! Berpakaianlah dengan benar setiap kali Anda beribadah. Makan dan minum, tapi jangan sia-siakan. Sesungguhnya Dia tidak suka yang boros.” - Surat Al Araf [QS 7:31]

2. Hemat Listrik

Seharusnya Ramadan mendorong gaya hidup yang kurang materialistis dan lebih fokus pada spiritualitas, lebih banyak sholat sunnah, mengaji dan khatam Quran.

Jadi ini saat yang tepat untuk melepaskan diri dari gadget, yang juga akan membantu menghemat energi dengan memotong penggunaan listrik.

3. Singkirkan Barang Tak Berguna

Cobalah untuk membersihkan rumah  untuk membersihkan pikiran dan tubuh Anda selama Ramadan. Bersihkan dan donasikan hal-hal yang tidak lagi Anda gunakan ke organisasi tepercaya.

4. Membeli Produk Lokal dan Mengurangi Plastik Sekali Pakai

Berdayakan membeli dari Produsen lokal, dan jangan lupa untuk membawa tas yang dapat digunakan kembali untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

5. Kurangi Jejak Karbon

Coba car-free untuk perjalanan singkat, seperti saat kita pergi ke masjid, carpooling ke kantor jika memungkinkan. Menjalankan ldulfitri  dengan memperhatikan lingkungan akan  membuat dampak besar bagi bumi di jangka panjang. Dan tentunya untuk Ramadan semua orang yang membahagiakan di masa depan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lingkungan lebaran Ramadan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top