Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moeldoko: Keragaman Suku Indonesia Tidak Boleh Hilang dari TMII

Pemerintahaan Presiden Joko Widodo mengambil alih Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dikelola putra-putri mantan Presiden Soeharto karena termasuk kekayaan negara.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko./Antara
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko mengingatkan pengembangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke depan tidak boleh menghilangkan nilai suku-suku di Indonesia. Namun di sisi lain, juga perlu menangkap masa depan.

Moeldoko yang juga anggota Pengarah Tim Transisi TMII itu juga menyebutkan pemerintah akan membuat database dan mulai membangun TMII.

“Ini yang tidak ada di TMII [menangkap masa depan], kita hanya diperlihatkan Indonesia masa lalu,” jelas Moeldoko dalam audiensi Talenta Musik Indonesia di eks Gedung Bina Graha Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (29/4/2021). 

Untuk itu, Moeldoko yang juga mantan Panglima TNI itu mengajak pada talenta seni di Tanah Air untuk ikut membangun kembali TMII dengan melakukan eksplorasi dan menuangkan ide di tempat tersebut.

“Mari eksplorasi TMII. Tuangkan ide-ide di sana,” katanya. 

Ajakan Moeldoko ini disambut baik sejumlah talenta seni yang hadir secara daring dan luring dalam pertemuan itu. 

“Saya punya pengalaman cukup panjang dengan TMII, termasuk pentas Teater Koma di situ. Mungkin perlu juga melibatkan anak muda dari seluruh provinsi,” ujar aktris senior Ratna Riantiarno.

Menurut Ratna, pelibatan anak muda di TMII juga perlu dilakukan agar muncul ide-ide baru pengembangan miniatur Indonesia itu.

Sejumlah talenta seni yang hadir dalam pertemuan itu di antaranya penyanyi Titi DJ, Melly Goeslaw, Regina Ivanova, Ratna Riantiarno, Cornelia Agatha dan Sonia Wibisono.

Sementara pelukis bergaya naif asal Yogyakarta, Erica Estu Wahyuni menilai, dengan banyaknya anjungan, maka TMII membutuhkan pengelolaan.

"Mungkin bisa ditawarkan ke artis kompeten untuk semacam orang tua asuh yang membantu anjungan,” ungkap Erika.

Sedangkan Cornelia Agatha berpendapat Indonesia punya tantangan utama mencari talenta secara merata, mengingat ada 34 provinsi dan ratusan kabupaten/kota.

Untuk itu, Cornelia menilai adanya kebutuhan manajemen yang komprehensif dan peran influencer yang baik.

“Salah satunya dukungan Pemerintah di lingkup teater. Karena kita punya banyak talenta,” kata Cornelia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Anggara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper