Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebanyak 12 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

Jumlah tersebut sama dengan 19 persen total populasi pelaku UMKM di Tanah Air.
Ilustrasi: Tren Digital. /ANtara
Ilustrasi: Tren Digital. /ANtara

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengatakan bahwa setidaknya 12 juta pelaku usaha di Indonesia telah hadir dalam ekosistem digital.

Jumlah tersebut sama dengan 19 persen total populasi pelaku UMKM di Tanah Air. Pemerintah saat ini juga telah mendorong digitalisasi pagi pelaku usaha kecil tersebut.

“Transformasi digitalisasi UMKM akan terus kita dorong. Pemerintah beserta semua pemangku kepentingan akan terus berkolaborasi demi target 30 juta UMKM pada tahun 2023,” katanya seperti dilansir dari laman Setkab, Minggu (4/4/2021).

“Diharapkan terdapat 500.000 UMKM produk artisan onboarding digital setiap bulannya,” ujarnya.

Menurutnya, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas BBI menjadi salah satu bentuk keberpihakan pemerintah kepada kebangkitan UMKM melalui akselerasi transformasi digital.

Kendati demikian, Menkop UKM menekankan digitalisasi tidak cukup hanya hadir semata, isu literasi digital, pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM), hingga peningkatan kapasitas produksi dan kualitas turut pula harus terus dikawal.

Selain itu, rangkaian kegiatan BBI pada bulan April tidak hanya akan fokus di aspek hilir pemasaran, tetapi juga akan mengulas total hingga ke hulu, aspek SDM, dan proses bisnis.

Teten mengatakan bahwa Gernas BBI adalah sebuah pengejawantahan terlahir dari semangat “sauyunan” atau gotong royong, bersinergi dalam upaya bersama mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, melalui penguatan UMKM dalam negeri.

“UMKM memiliki arti penting bagi perekonomian nasional. Lebih dari 64 juta UMKM berkontribusi 14 persen terhadap total ekspor nonmigas, 60 persen total investasi, 97 persen total tenaga Kerja, dan 61 persen total PDB [produk domestik bruto] nasional. Angka-angka ini menjadi bukti bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian bangsa,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper