Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenalkan BBM Ramah Lingkungan, Ini Spesifkasi Parta Series dan Dex Series

Deretan produk yang dikembangkan meliputi Perta Series untuk produk gasoline dan Dex Series untuk produk gasoil.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 28 Maret 2021  |  19:24 WIB
Petugas SPBU di Kota Palembang mengisi BBM kendaraan saat libur Natal 2020. istimewa
Petugas SPBU di Kota Palembang mengisi BBM kendaraan saat libur Natal 2020. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) mengembangkan kualitas bahan bakar mengikuti kebutuhan mesin modern yang ramah bagi lingkungan.

Deretan produk yang dikembangkan meliputi Perta Series untuk produk gasoline dan Dex Series untuk produk gasoil.

Perta Series menawarkan produk antara lain Pertalite dengan angka Research Octane Number (RON) 90, Pertamax RON 92, dan Pertamax Turbo dengan RON 98. Di sisi lain, Dex Series menawarkan Dexlite dengan Cetane Number (CN) 51 dan Pertamina Dex dengan CN 53.

“Sudah seharusnya penggunaan BBM disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi kendaraan agar mesin optimal dan emisinya sesuai dengan batasan yang ditetapkan,” kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial dan Trading PT Pertamina (Persero) Putut Andriatno melalui keterangan tertulis, Minggu (28/3/2021).

Putut menambahkan produk Perta Series dan Dex Series juga dilengkapi dengan formula dan zat aditif. Fungsinya adalah untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin, menjaga mesin dari pengkaratan, serta untuk efisiensi pemakaian bahan bakar.

“Jadi selain memastukan proses pembakaran yang optimal, BBM berkualitas ini membantu menjaga kebersihan dan bagian-bagian mesin sehingga lebih awet,” kata Putut.

Selain performa dan kehandalan kendaraan, Perta Series dan Dex Series minimalisir emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan.

Emisi gas buang biasanya diukur dari kandungan sulfur dengan satuan parts per million (ppm). Mudahnya, makin kecil kandungan sulfur dalam bahan bakar, maka makin rendah emisi gas buang yang dihasilkan.

Pertamax Turbo RON 98 memiliki kandungan sulfur maksimal 50 ppm atau setara dengan standar emisi EURO 4. Sedangkan untuk Pertamax RON 92 memiliki kandungan sulfur maksimal 300 ppm dan Pertalite RON 90 maksimal 500 ppm.

Selain itu, Pertamina Dex CN 53 memiliki kandungan sulfur maksimal 300 ppm atau setara dengan standar emisi EURO 3, dan Dexlite CN 51 maksimal 1.200 ppm.

“Harapannya masyarakat bisa merasakan langsung manfaat menggunakan BBM berkualitas, sehingga bersama-sama kita dapat berkontribusi terhadap penurunan emisi hingga 29 persen di tahun 2030 sesuai dengan komitmen Indonesia dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB tahun 2015 silam,” kata dia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina Pertalite

Sumber : Siaran Pers

Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top