Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setahun Covid-19: RI Telah Datangkan 38 Juta Dosis Vaksin

Pemerintah telah mendatangkan 38 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac, China baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku.
Petugas menurunkan kontainer berisi vaksin Covid-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Petugas menurunkan kontainer berisi vaksin Covid-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah kembali mendatangkan 10 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac dalam bentuk bahan baku (bulk) pada hari ini, Selasa (2/3/2021). Kedatangan 10 juta dosis vaksin ini bertepatan dengan setahun wabah Covid-19 melanda Indonesia.

Dengan tambahan 10 juta dosis bahan baku vaksin yang tiba hari ini, maka total vaksin yang sudah diterima Indonesia hingga saat ini adalah 38 juta dosis baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menyampaikan bahwa 10 juta bahan baku vaksin Sinovac yang telah tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang ini selanjutnya akan diolah oleh PT Bio Farma (Persero) hingga menghasilkan sekitar 8 juta dosis vaksin Covid-19.

“Hari ini kita kedatangan 10 juta bulk vaksin. Bulk ini adalah materi dasar vaksin yang nanti akan dibuat oleh Bio Farma menjadi sekitar 8 juta [dosis] vaksin,” kata Dante dalam keterangan pers, Selasa (2/3/2021).

Adapun, kedatangan vaksin hari ini menjadi tahap kelima setelah pertama kali tiba pada 6 Desember 2020 sebanyak 1,2 juta dosis.

Lalu, kedatangan vaksin tahap 2 terjadi pada 31 Desember 2020 tepatnya tengah malam sebelum penggantian tahun. Saat itu, sebanyak 1,8 juta dosis didatangkan ke Tanah Air.

Pada 12 Januari 2021, sebanyak 15 juta dosis vaksin Sinovac didatangkan dari China atau menjadi tahap ketiga dari total 140 juta dosis Sinovac yang rencananya akan didatangkan pada tahun ini.

Sementara pada tahap keempat, sebanyak 10 juta dosis vaksin dan yang kelima atau pada hari ini 10 juta dosis vaksin telah didatangkan.

Adapun, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi menuturkan bahwa ada 4 jenis vaksin Covid-19 yang masih dan diupayakan kedatangannya, antara lain Novavax (50 juta dosis), AstraZaneca (50 juta dosis), dan Pfizer (50 juta dosis) dan CoronaVac dari Sinovac (140 juta dosis).

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga Senin (1/3/2021) jumlah orang yang telah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama mencapai 1.720.523 orang.

Adapun, jumlah penerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua jumlahnya mencapai 1.002.218 orang.

Seperti diketahui, pemerintah telah memulai program vaksinasi Covid-19 tahap kedua dengan sasaran petugas layanan publik dan lansia.

Menkes BGS menyatakan bahwa total target vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini mencapai 38,5 juta orang dengan perincian sekitar 21,5 juta lansia dan hampir 17 juta petugas publik.

"Orang-orang ini 38,5 juta itu, kalau dikali dua mesti ada 77 juta suntikan. Itu kita targetkan selesai di Juni," kata Menkes, Minggu (28/2/2021).

Namun, untuk mencapai target tersebut dia menegaskan bahwa pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri. Pemerintah, imbuhnya, membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper