Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Berhasil Tekan Keterisian Tempat Tidur Rumah Sakit?

Tujuh provinsi yang melaksanakan PPKM seluruhnya mengalami penurunan keterisian rumah sakit jika dibandingkan dengan sebelum PPKM.
Polisi melakukan penyekatan kendaraan di Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat./Antara-Bagus Ahmad Rizaldirnrn
Polisi melakukan penyekatan kendaraan di Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat./Antara-Bagus Ahmad Rizaldirnrn

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro diklaim berhasil menurunkan bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan di tujuh provinsi yang melaksanakan PPKM seluruhnya mengalami penurunan keterisian rumah sakit jika dibandingkan dengan sebelum PPKM. 

Wiku menyebutkan, yang paling signifikan terjadi di Jawa Tengah dari 74,9 persen pada sebelum PPKM menjadi 35,76 persen per 19 Februari 2021. Kemudian, di Daerah Istimewa Yogyakarta dari yang sebelumnya 84,47 persen menjadi 52,21 persen. 

“Penurunan BOR yang terjadi di tujuh provinsi yang melaksanakan PPKM ini merupakan perkembangan yang perlu kita apresiasi. Namun adanya penurunan ini perlu diperhatikan lebih lanjut, apakah karena pasien positif dengan gejala sedang berat yang semakin berkurang, atau orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan belum atau tidak terjaring sejak dini sehingga tidak dirawat di rumah sakit,” kata Wiku pada konferensi pers, Selasa (23/2/2021). 

Wiku mengimbau kepada seluruh daerah masing-masing untuk benar-benar memastikan bahwa setiap orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk segera ditangani sesuai dengan gejala yang dialami, tidak hanya pada pasien yang terjaring dari hasil pemeriksaan di Puskesmas namun juga pemeriksaan mandiri. 

“Pastikan pasien melaporkan kepada RT RW ketika terkonfirmasi, dengan begitu pasien yang tidak bergejala atau bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri dengan tetap dipantau. Sementara pasien yang bergejala sedang dan berat dapat segera ditangani secepat mungkin,” imbuh Wiku. 

Dia juga mengharapkan dengan PPKM Mikro yang saat ini sedang berlangsung, dimohon kepada kabupaten kota yang membutuhkan bantuan dalam memperkuat Puskesmas di daerah masing-masing untuk segera koordinasi dengan Satgas pusat dan Kementrian Kesehatan. 

Pada hari ini, tambahan kasus Covid-19 harian sebanyak 9.775 kasus dengan kesembuhan sebanyak 7.996 kasus, dan kematian sampai 323 orang. 

Dengan catatan tersebut, total yang terkonfirmasi mencapai 1.298.608 kasus, dengan 1.104.990 di antaranya sembuh, dan yang meninggal tembus 35.14 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper