Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cucu Eka Tjipta Widjaja Menang Lawan Miliarder Brasil dalam Sengketa Bisnis, Ini Kisahnya

Perusahaan kertas milik Jackson Widjaja yang merupakan cucu dari taipan Eka Tjipta Widjaja menghadapi konflik bisnis dengan miliarder asal Brasil. Berikut latar belakang kasus tersebut.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 05 Februari 2021  |  09:06 WIB
Eka Tjipta Widjaja.Foto: Dokumentasi Sinar Mas
Eka Tjipta Widjaja.Foto: Dokumentasi Sinar Mas

Bisnis.com, JAKARTA - Paper Excellence, perusahaan kertas milik Jackson Widjaja yang merupakan cucu dari taipan Eka Tjipta Widjaja, berhasil memenangkan proses arbitrase melawan J&F Investimentos SA.

Dengan kemenangan tersebut, Paper Excellence yang berbasis di Belanda resmi menguasai 100 persen saham pabrik kertas Eldorado Brasil Celulose SA.

Dikutip dari Correiodoestado, Eldorado Brasil Celulose adalah sebuah perusahaan yang berbasis di São Paulo, yang unit industrinya terletak di Três Lagoas, sebuah kota yang berjarak 326 kilometer dari Campo Grande.

J&F Investimentos SA, sebuah perusahaan induk dari Eldorado yang dimiliki oleh miliarder bersaudara Joesley dan Wesley Batista, telah setuju untuk menjual aset Eldorado ke Paper Excellence pada bulan September 2017 seharga 15 miliar real atau US$2,8 miliar (Rp39,2 triliun) dan keduanya setuju untuk menerima harga penuh dalam setahun.

Namun, J&F membatalkan kesepakatan dengan alasan Paper Excellence tidak mematuhi persyaratan untuk menutup kesepakatan. Paper Excellence membawa perkara ini ke pengadilan, dan pengadilan mengirim keputusan ke arbitrase.

Paper Excellence memiliki waktu satu tahun untuk mengumpulkan semua pembiayaan dan menyelesaikan kesepakatan di bawah kontrak yang juga mengharuskan perusahaan untuk menegosiasikan kembali utang Eldorado dengan bank yang nantinya akan melepaskan ekuitas.

Adapun, upaya financial leverage atau penjaminan dana harus diputuskan paling lambat 3 September 2018. Jika hingga 3 September 2018 tidak ada solusi untuk masalah tersebut, perusahaan milik Jackson Widjaja itu akan tetap menjadi pemegang saham minoritas.

Sementara itu, perubahan nilai tukar dan harga pulp telah meningkatkan nilai ekuitas Eldorado dan Paper Excellence mengklaim bahwa Batista bersaudara telah mempersulit pelunasan utangnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Folha, CEO Paper Excellence Claudio Cotrim menuduh keluarga Batista telah meminta 6 miliar real atau lebih dari hak mereka dalam kontrak penjualan pabrik pulp Eldorado.

"Kami pikir kontrak kami kuat, tetapi tidak ada kontrak yang membela diri dengan itikad buruk," kata Cotrim kepada Folha dalam wawancara pertamanya setelah perselisihan dimulai. Paper Excellence mengatakan bahwa J&F ingin menaikkan nilai yang disepakati.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil eka tjipta widjaja
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top