Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sampaikan Duka Cita kepada Korban Bencana Alam, Ini Pesan Wapres

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga meminta BNPB, Kementerian sosial dan pemerintah daerah terkait agar mengutamakan evakuasi korban bencana alam.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  20:06 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan pernyataan pers lewat telekonferensi dengan wartawan dari rumah dinas wapres di Jakarta, Senin (8/6/2020) - Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan pernyataan pers lewat telekonferensi dengan wartawan dari rumah dinas wapres di Jakarta, Senin (8/6/2020) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan duka cita kepada para korban bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah Tanah Air sepanjang Januari 2021. Dia meminta semua pihak bekerja sama dan menguatkan satu sama lain.

Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi mengatakan bahwa Wapres mendoakan agar para korban mendapat tempat di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Adapun kepada penyintas, Ma'ruf menyampaikan empati mendalam.

“Wapres mengingatkan agar dalam kondisi darurat seperti ini, masing-masing pihak untuk bekerja sama, saling membantu dan menguatkan,” katanya, Selasa (19/1/2021).

Lebih lanjut, Wapres meminta BNPB, Kementerian sosial dan pemerintah daerah terkait agar mengutamakan evakuasi korban.

“Menyiapkan penampungan baik tenda darurat, maupun gedung-gedung milik pemerintah daerah sebagai tempat penampungan sementara. Begitu pun logistik, usahakan secepatnya terpenuhi,” katanya.

Sementara itu, bagi para penyitas bencana, Wapres meminta agar tawakal, dan terus berdoa, semoga bencana segera berlalu. Pemerintah kata dia akan selalu hadir bersama masyarakat serta bergotong-royong meringankan beban para penyintas.

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), setidaknya terjadi 136 bencan alam di sejumlah wilayah di Indonesia. Umumnya kejadian ini didominasi oleh bencana hidrometeorologi.

Bila diperinci, maka bencana banjir sebanyak 95 kejadian, tanah longsor 25 kejadian, puting beliung 12 kejadian, gempa bumi 2 kejadian dan gelombang pasang 2 kejadian.

Di sisi lain, korban jiwa yang ditimbulkannya pun cukup besar mencapai 80 orang, 858 orang luka-luka, dan sebanyak 405.584 orang terdampak dan mengungsi.

Beberapa di antaranya banjir - longsor di Kalimantan Selatan, Manado dan Sumedang, gempa bumi 6,2 magnitudo di Sulawesi Barat hingga keluarnya muntahan erupsi Semeru di Jawa Timur.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir bencana alam Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top