Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sandiaga Rapat Perdana dengan Komisi VIII DPR, Ini program Menparekraf

Wisatawan domestik disiapkan untuk menjadi penggerak industri pariwisata seiring belum dibukanya ruang bagi wisatawan asing masuk Indonesia.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 14 Januari 2021  |  19:56 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12 - 2020). / Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12 - 2020). / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan untuk jangka pendek pihaknya akan memprioritaskan kunjungan wisatawan domestik akibat pademi Covid-19 yang membuat wisatawan luar negeri belum bisa masuk ke Tanah Air.

Menurutnya, selain akan meningkatkan inovasi dan kolaborasi dengan sektor lain dalam menggerakkan industri pariwisata, pihaknya akan memperhatikan soal adaptasi. Karena itu pihaknya akan melakukan adapatasi dengan kondisi pandemi Covid-19 tersebut.

“Kita harus bisa bertahan dengan adaptasi yang diarahkan dalam segala kondisi seperti pandemi Covid-19,” ujarnya dalam Rapat Kerja perdana dengan Komisi VIII DPR yang dipimpin oleh Ketua Komisi Syaiful Huda, Kamis (14/1/2021). 

Selain secara langsung, rapat itu juga diikuti sedikitnya 50 anggota komisi yang sebagian besar dalam bentuk partisipasi virtual. 

Menurutnya, selain industri pariwisata, kementerian yang dipimpinnya berharap ekonomi kretif akan menjadi lokomotif penciptaan lapangan kerja. 

Sedikitnya 12 juta orang terlibat dalam industri kreatif sehingga bila digabung dengan industri pariwsiata, terdapat hampir 34 juta orang yang terlibat.

Menurutnya, target jangka pendek selama tiga bulan itu itu bertujuan untuk menggerakan perekonomian melalui industri pariwisata, namun tetap mengutamakan protokol kesehatan. 

Dia mengatakan karena banyaknya warga yang terlibat dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif maka persoalan ekonomi menjadi penting untuk diperhatikan.

Sandiaga Uno juga mengatakan bahwa sejak dilantik Presiden Jokowi pada 23 Desember lalu ada sejumlah tugas penting yang disampaikan. Pertama, melakukan akselerasi pembangunan infrastruktur di 5 destinasi prioritas. 

"Saya ingin menyampaikan arahan yang saya terima pada saat saya ditunjuk pada 23 Desember lalu. Pertama, akselerasi pembangunan infrastruktur di lima destinasi prioritas," ujar Sandiaga.

Kedua, melakukan penyiapan rencana kegiatan atau calender of events di setiap destinasi terutama di lima destinasi super prioritas. Hal ini tak lain untuk memberikan informasi kepada wisatawan mengenai agenda penting di tempat wisata.

"Ketiga, berkaitan dengan mata rantai Covid yaitu implementasi aspek K4 yaitu kebersihan, kesehatan, keselamatan dan keberlanjutan lingkungan pada setiap destinasi pariwisata sehingga wisatawan merasa aman dan nyaman," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sandiaga uno Covid-19
Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top