Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapolri Idham Azis Bantah Sodorkan Nama Calon Kapolri ke Presiden

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis hanya memberikan surat pemberitahuan pensiun ke Presiden Jokowi, mengingat Idham Azis akan pensiun pada 1 Februari 2021 nanti. Dia menampik kabar yang menyebut dirinya telah menyodorkan nama calon suksesornya kepada Presiden Jokowi.
Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono,  dan Kapolrdi Idham Azis di Jakarta, Selasa (1/12/2020)./Istimewa
Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, dan Kapolrdi Idham Azis di Jakarta, Selasa (1/12/2020)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Kapolri Jenderal Pol Idham Azis membantah telah memberikan usulan nama Kapolri pengganti dirinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengungkapkan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis hanya memberikan surat pemberitahuan pensiun ke Presiden Jokowi, mengingat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis akan pensiun pada 1 Februari 2021 nanti.

Menurut Argo, pemberian surat pensiun itu sudah diatur dan sesuai mekanisme yang berlaku selama ini di Korps Bhayangkara.

"Jadi Pak Idham tidak mengajukan nama (Kapolri baru), hanya menyampaikan akan memasuki pensiun pada 1 Februari 2021," tuturnya, Rabu (6/1/2021).

Argo mengatakan bahwa surat pemberitahuan pensiun itu sudah diberikan oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis langsung kepada Presiden Jokowi. Namun Argo tidak menjelaskan lebih detail kapan surat itu disampaikan ke Presiden Jokowi.

"Sudah diajukan (surat pensiunnya)," katanya.

Sebelumnya sejumlah sosok digadang-gadang akan menggantikan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang akan masuk masa pensiun pada Februari mendatang.

Kepala Staf Presiden Moeldoko menyebutkan bahwa nama calon Kapolri sudah dikantongi Presiden Joko Widodo dan tinggal mengikuti prosedur yang berlaku dalam proses pemutusannya. Sayangnya, Moeldoko tidak menyebutkan siapa nama calon Kapolri tersebut.

“Ya itu sebenarnya karena ini sesuatu yang rutin ya, prosedurnya sudah ada tinggal nunggu waktu, siapanya [calon Kapolri] pasti sudah ada,” ujar Moeldoko kepada awak media, Senin (4/1/2021).

Menurutnya, Presiden Jokowi akan segera menyampaikan nama-nama calon Kapolri ke DPR untuk mengikuti menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper