Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ombudsman: Banyak Penyimpangan di Kemenkumham

Berdasarkan data perbandingan instansi kementerian sebagai terlapor, Kemenkum HAM beserta Kanwil dan jajarannya menempati posisi kedua dengan persentase 11%.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 01 Januari 2021  |  15:30 WIB
Menkumham Yasonna Laoly mengekstradisi buronan pembobol Bank BNI Maria Pauline Lumowa dari Serbia ke Indonesia. - Twitter @kemenkumham
Menkumham Yasonna Laoly mengekstradisi buronan pembobol Bank BNI Maria Pauline Lumowa dari Serbia ke Indonesia. - Twitter @kemenkumham

Bisnis.com, JAKARTA-Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari Soebekty menyebut Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menempati peringkat kedua nstansi yang paling banyak dilaporkan selama 5 tahun terakhir.

Hal ini dia ungkapkan acara Refleksi Akhir Tahun 2020 yang digelar oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) belum lama ini.

Berdasarkan data perbandingan instansi kementerian sebagai terlapor, Kemenkum HAM beserta Kanwil dan jajarannya menempati posisi kedua dengan persentase 11%. 

"Dalam hal ini maladministrasi yang paling banyak dilaporkan adalah penyimpangan prosedur dan penundaan berlarut," ujar Lely dikutip dari laman resmi Ombudsman, Jumat (1/12/2020).

Lely dalam juga menekankan bahwa Reformasi Birokrasi harus dikembalikan pada filosofi dasarnya untuk melayani publik. 

Menurutnya, Reformasi Birokrasi harus dapat menjawab dan memenuhi prinsip kesetaraan hak dan kewajiban antara penyelenggara dan penerima layanan, birokrasi tidak mungkin diperbaiki tanpa komitmen tinggi dari otoritas.

"Jadi tadi saya dukung apa yang tadi disampaikan Pak Menteri Kumham dan kami di Ombudsman akan tetap menjadi sahabat Kemenkumham. Maka sebagai sahabat yang baik kita akan memperbaiki hal yang tidak baik dengan cara yang baik," ungkapnya.

Sementara itu Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ombudsman RI yang selalu setia mendampingi Kementerian Hukum dan HAM dan membina pelayanan publik hingga berjalan dengan baik.

Refleksi Kemenkumham diikuti oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Staf Ahli Menteri, Staf Khusus Menteri, Penasehat Menteri, seluruh Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kemenkumham serta seluruh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham se-Indonesia dan ditayangkan secara langsung dan virtual melalui YouTube Kemenkumham. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengulas capaian kinerja Kemenkumham selama Tahun 2020. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ombudsman kemenkumham
Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top