Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pentingnya Mobil PCR untuk Diagnosis Covid-19 Secara Cepat

Kendaraan yang juga disebut sebagai Mobile Laboratory Biosafety (BSL) itu disebut bisa memeriksa minimal 500 sampel hingga 1.000 tes spesimen setiap harinya atau 24 jam.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Desember 2020  |  15:31 WIB
Pentingnya mobil PCR untuk tracing COVID-19 secara cepat (ANTARA - HO)
Pentingnya mobil PCR untuk tracing COVID-19 secara cepat (ANTARA - HO)

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil dengan fasilitas Polymerase Chain Reaction (PCR) dianggap dapat mempercepat tracing virus Covid-19, secara "jemput bola" tanpa menunggu masyarakat mengunjungi rumah sakit.

Kendaraan yang juga disebut sebagai Mobile Laboratory Biosafety (BSL) itu disebut bisa memeriksa minimal 500 sampel hingga 1.000 tes spesimen setiap harinya atau 24 jam.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Palagimata, Sulawesi Tenggara dr. Lukman SpPD mengatakan pengadaan fasilitas mobil PCR sejalan dengan keputusan Menteri Kesehatan Nomor 413/2020 tentang Pencegahan COVID-19, yaitu agar seluruh pasien yang kemungkinan tertular bisa menjangkau pemeriksaan real time PCR.

“Mobile PCR ini memang sangat dibutuhkan dan akan memudahkan pihak kami dalam melakukan testing dan tracing penyebaran Covid-19," katanya, dikutip dari Antara, Minggu (27/12/2020).

Mobil PCR sangat dibutuhkan oleh Dinas kesehatan untuk menggencarkan screening dengan cepat dan efektif sehingga bisa terus menekan munculnya kasus-kasus baru. Setidaknya, fasilitas itu dapat melakukan pengujian sampel sebanyak 500 sampel dari masyarakat setiap harinya.

"Penanganan Covid-19 harus cepat, efektif, dan akurat, dan sesuai dengan surat Kemendagri. Kami telah meminta para satgas di tingkat kelurahan untuk secara masif meneruskan informasi ini kepada masyarakat dan agresif dalam upaya pencarian kasus dengan melakukan tracing dan upaya-upaya pemeriksaan," kata dia.

Pemerintah berharap Satgas dan petugas Rumah Sakit, dapat memelihara dengan baik Mobil PCR tersebut sehingga kondisinya tetap bagus dan dapat digunakan sebagaimana peruntukan serta tidak disalahgunakan pemakaiannya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : Antara

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top