Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Korsel Gunakan AI Cari Penumpang Pesawat Berpotensi Covid-19 di Bandara

Korea Selatan mengatakan telah memperkenalkan teknologi mobile edge computing (MEC) di Bandara Internasional Incheon untuk mengoperasikan sistem kecerdasan buatan (AI) yang menyaring pasien berpotensi Covid-19 sebagai langkah untuk meningkatkan tindakan pencegahan terhadap pandemi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Desember 2020  |  16:33 WIB
Sel virus corona
Sel virus corona

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan mengatakan telah memperkenalkan teknologi mobile edge computing (MEC) di Bandara Internasional Incheon untuk mengoperasikan sistem kecerdasan buatan (AI) yang menyaring pasien berpotensi Covid-19 sebagai langkah untuk meningkatkan tindakan pencegahan terhadap pandemi.

Kementerian Sains dan TIK Korea Selatan, dikutip dari Yonhap, Jumat (25/12/2020), mengatakan sistem tersebut akan memeriksa penumpang tanpa masker atau dengan gejala Covid-19, seperti suhu tinggi, di ruang kedatangan dan keberangkatan. Sistem ini juga dapat mengirimkan robot otonom untuk disinfeksi.

Kementerian mengatakan bahwa sistem tersebut juga menggabungkan teknologi MEC, yang meminimalkan latensi dengan mengirimkan data ke pusat data skala kecil terdekat, bukan pusat data terpusat.

Operator telekomunikasi terbesar di Korea Selatan, SK Telecom, telah memasang stasiun basis 5G (mmWave) di bandara untuk mengoperasikan layanan tersebut, yang juga akan menggunakan chip AI baru dari perusahaan tersebut, SAPEON X220.

Kementerian TIK Korea Selatan mengatakan akan mendukung lebih banyak layanan 5G berbasis MEC, dengan menggelontorkan dana 120 miliar won untuk proyek-proyek yang menggunakan teknologi tersebut hingga 2022.

Sementara pengguna 5G telah mencapai sekitar 10 juta di Korea Selatan, sejak komersialisasi jaringan generasi terbaru itu pada April tahun lalu, negara tersebut sedang dalam tahap awal meluncurkan layanan mmWave 5G yang memanfaatkan sepenuhnya kecepatan tinggi dan latensi rendah.

Operator saingan SK Telecom, LG Uplus, saat ini sedang menguji mmWave 5G di Institut Teknologi Nasional Kumoh di Gumi, sekitar 200 kilometer selatan Seoul.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korsel Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top