Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasca Libur Nataru, Ini Persiapan Menkes Budi Sadikin Hadapi Lonjakan Covid-19

Kementerian Kesehatan terus berkoordinasi dengan sejumlah rumah sakit untuk mengantisipasi lonjakan pasien covid-19 yang biasanya muncul pasca musim liburan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 25 Desember 2020  |  15:24 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pada Rakorpim di Kemenkes, Rabu, 23 Desember 2020 / Dok. Kemenkes
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pada Rakorpim di Kemenkes, Rabu, 23 Desember 2020 / Dok. Kemenkes

Bisnis,com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan menyiapkan lebih dari 100 tempat tidur tambahan di sejumlah rumah sakit untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Hal ini disampaikan Budoi dalam konferensi pers secara virtual di tengah-tengah kunjungan ke RSCM bersama Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Jumat (25/12/2020).

Menkes Budi mengatakan penambahan jumlah tempat tidur akan dilakukan baik di ruang biasa maupun ICU.

“Sebenarnya tempatnya ada, tinggal kita tambah jumlah bed dan ICU-nya. Potensinya bisa sampai 100 bed tambahan. Dengan menambah jumlah bed di rumah sakit eksisting yang ada sekarang, teknisnya jadi lebih mudah,” katanya.

Namun, kata dia, yang darurat bukanlah kebutuhan ruangan karena tempatnya sudah tersedia, tetapi jumlah perawat yang perlu ditambah.

“Jumlah dokter cukup, alat kesehatannya cukup, ruangannya juga ada bisa nambah 100, tetapi kita butuh perawat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan sudah berkoordinasi dengan salah satu direktur RSCM untuk menyusun program relawan perawat untuk mengantisipasi lonjakan kasus pada masa libur panjang.

“Dengan begitu, maka akan terlihat kebutuhannya tepat terpenuhi dari masalah teknis yang kita hadapi,” tuturnya.

Sebelum menutup konferensi pers, Menkes Budi meminta masyarakat agar mengusahakan tetap di rumah dan menerapkan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, terutama pada masa libur panjang akhir tahun sekarang ini.

“Jangan sampai sesudah liburan yang indah ini bersama keluarga kemudian keluarga kita ada yang kena [Covid-19],” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budi gunadi sadikin Natal dan Tahun Baru Covid-19
Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top