Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Hibahkan Mobil Ambulans

Pelindo III turut memberikan sumbangsih bagi penanganan medis Covid-19.
Pemberian bantuan unit ambulans dari Pelindo III/dok. Pelindo III
Pemberian bantuan unit ambulans dari Pelindo III/dok. Pelindo III

Bisnis.com, JAKARTA- PT Pelabuhan Indonesia III (Pesero) atau Pelindo III mendukung upaya peningkatan kesehatan masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

Salah satu bentuk dukungan itu dilakukan dengan cara memberikan satu unit mobil mobil ambulans kepada Rumah Sakit PHC. Fasilitas mobil ambulans untuk penanganan pasien Covid-19 itu disebut-sebut sebagai mobil dengan peralatan pendukung paling komprehensif yang ada di Jawa Timur. Bantuan ini diberikan langsung oleh Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer kepada Direktur Utama RS PHC Abdul Rofid Fanany, di Kantor Pusat Pelindo III, Selasa, (22/12).

Sebelumnya, perseroan memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada tenaga kesehatan,. Menurut Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer, bantuan mobil ambulans kepada RS PHC merupakan wujud dari implementasi Core Values BUMN.  Sebagai BUMN, tuturnya, Pelindo III mendapat kepercayaan untuk turut dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Dengan adanya mobil ambulance yang memiliki peralatan komprehensif diharapkan penanganan pelayanan kegawat daruratan (emergency) bagi pasien Covid-19 yang memiliki gejala penyerta dapat lebih baik. Penyerahan bantuan kepada RS PHC juga merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi antar group BUMN.

“RS PHC merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Surabaya yang menerima banyak pasien dari berbagi kalangan, sehingga penting bagi RS PHC untuk melakukan penanganan terbaik dengan dukungan fasilitas yang baik. Bantuan dari Pelindo III ini diharapkan mampu mendukung hal tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama RS PHC Abdul Rofid Fanany menilai mobil ambulance bantuan Pelindo III tersebut sangat mumpuni karena dilengkapi berbagai peralatan khusus penanganan Covid-19 mulai dari Defibrilator, ECG monitor, Suction pump, Brankart, Syringe pump, Kursi Roda, dan Ventilator portable yang mampu bertahan lebih dari 4 jam pasca dilepas dari sistem dalam mobil. Kelengkapan tersebut membuat ambulance ini menjadi satu-satunya mobil ambulance siaga Covid-19 dengan peralatan terlengkap dan komprehensif yang ada di Jawa Timur.

“Bantuan mobil ambulance siaga Covid-19 dari Pelindo III ini diharapkan mampu memberikan dampak besar bagi upaya penangan pasien Covid-19 yang kami lakukan, karena dengan adanya mobil ambulance yang disertai perlengkapan lengkap tersebut membuat penanganan pasien Covid-19 dengan kondisi serius bisa lebih mudah dilakukan,” katanya.

Hingga bulan November tahun ini, Pelindo III total telah menyalurkan hibah sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan sebesar Rp52 miliar. Hibah tersebut disalurkan ke berbagai sektor diantaranya, sektor pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana umum, serta bantuan alam dan non alam. Sepanjang tahun 2020 ini bantuan lebih banyak diarahkan pada sektor kesehatan karena pandemi Covid-19 sebagai bentuk dukungan Pelindo III dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Seperti diketahui, Pelindo III adalah BUMN yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi.

Perusahaan itu menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper