Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dorong Kemajuan UMKM, Jokowi Promosikan Festival Diskon Nasional

Jokowi menyatakan bahwa festival diskon nasional digelar sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk memajukan UMKM di Tanah Air.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 18 Desember 2020  |  16:23 WIB
Presiden Joko Widodo dalam acara Penyerahan Banpres Produktif Usaha Mikro di Istana Kepresidenan, DI Yogyakarta, Jumat (28/8 - 2020)  -  Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam acara Penyerahan Banpres Produktif Usaha Mikro di Istana Kepresidenan, DI Yogyakarta, Jumat (28/8 - 2020) - Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mempromosikan gelaran festival diskon nasional yang berlangsung mulai 16 Desember hingga 31 Desember 2020.

Jokowi menyatakan bahwa festival diskon nasional ini digelar sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk memajukan UMKM di Tanah Air.

"Pandemi ini mendorong kita semua untuk melakukan terobosan dan berbagai inovasi agar perekonomian bergerak kembali. Untuk itu, pemerintah menyelenggarakan Festival Diskon Nasional sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM di Tanah Air," ujar Jokowi saat mempromosikan festival diskon nasional yang ditayangkan pada Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (18/12/2020).

Tidak hanya Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga turut menyampaikan dukungan terhadap produk lokal buatan UMKM dan gelaran festival diskon nasional.

Salah satunya ialah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut mengajak masyarakat untuk membeli produk-produk lokal untuk membantu kemajuan UMKM.

"Jadilah patriot bangsa dan belilah produk Indonesia," ujar Luhut.

Selain itu, ada juga Menteri BUMN Erick Thohir yang mengaku bangga menggunakan produk lokal yang berkualitas dunia.

"Sebagai kolektor sneakers, saya sangat bangga ada merek lokal yang berkualitas dunia," ucap Erick.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga tak mau kalah untuk mempromosikan gelaran festival diskon nasional. "Mau buktikan kesetiaan sama produk lokal? waktunya dukung umkm nasional," ujarnya.

Seperti diketahui, Festival Diskon Nasional yang berlangsung 16-31 Desember 2020 ini merupakan program yang digelar perdana oleh pemerintah. Melalui program tersebut, ditawarkan ribuan produk UMKM dengan beragam diskon.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan UMKM mengalami penurunan penjualan secara signifikan akibat pandemi. Adapun, strategi pemasaran produk UMKM secara online telah berjalan dengan baik.

Namun, berdasarkan hasil evaluasi Kementerian BUMN, para pelaku UMKM berharap adanya daya beli yang lebih baik, tercermin pada tambahan transaksi belanja.

Penyelenggaraan Festival Diskon Nasional diharapkan dapat memberikan tambahan transaksi penjualan bagi UMKM karena difasilitasi kegiatan diskon nasional.

Dengan begitu, kegiatan ini diharapkan dapat ikut serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi. Dalam penyelenggaraannya, Kementerian BUMN bekerja sama dengan IDEA, Hippindo, dan Dekranasda.

"Melalui kerja sama ini kami bisa meningkatkan kemampuan ekonomi industri lokal atau UMKM sebagai penggerak perekonomian di masa sulit," katanya dalam konferensi pers Festival Diskon Nasional, Selasa (15/12/2020).

Ada 7 kategori produk UMKM yang ditawarkan dalam festival ini. Di antaranya fesyen, kerajinan, makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, hobi dan gaya hidup, pariwisata, dan telco.

Jumlah produk lokal dan UMKM yang terlibat sebanyak 211.000 merchant. Mereka akan memberikan penawaran dan promo menarik yang bisa ditransaksikan melalui offline maupun online.

Acara ini juga didukung oleh 4 Bank Himbara yakni Bank BTN, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI. Ada 65 e-commerce dan 5 platform uang elektronik yang terlibat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi umkm produk lokal
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top