Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Covid-19 Terus Naik, Presiden Korsel Copot Menteri Kesehatan

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menunjuk Kwon Deok-cheol untuk menggantikan Park Neung-hoo sebagai Menteri Kesehatan.
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in/Istimewa
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in melakukan perombakan kabinetnya pada Jumat (4/12/2020), kemarin. Salah satunya adalah mencopot Park Neung-hoo sebagai menteri Kesehatan dan Kesejahteraan.

Merujuk laporan Kantor Berita Yonhap, Moon menunjuk Kwon Deok-cheol untuk menggantikan Park Neung-hoo. Kwon merupakan birokrat senior yang memiliki keahlian dalam bidang kesejahteraan sosial dan perawatan kesehatan.

Kwon, 59 tahun, merupakan lulusan Universitas Sungkyunkwan di Seoul. Dia memulai karirnya sebagai birokrat di kementerian pada 1987 dan terus menerus naik pangkat dengan diangkat ke berbagai posisi kunci di kementerian.

Keputusan ini menandai pertama kalinya dalam 19 tahun seorang pegawai senior dalam kementerian diangkat sebagai kepala badan pemerintah yang biasanya diambil oleh politikus dan sarjana.

Selain itu, Presiden Moon juga mereshuffle tiga menteri lainnya. Mereka adalah Menteri Pertahanan Kim Hyun-mee, Menteri Dalam Negeri Chin Young, dan Menteri Keseteraan Gender Lee Jung-ok.

Kwon memainkan peran penting selama wabah Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) di Korea Selatan pada 2015. Dia diharapkan untuk memimpin berbagai kebijakan kesehatan di tengah pandemi virus Corona.

Korea Selatan melaporkan penambahan kasus positif Covid-19 tertinggi dalam sembilan bulan pada Jumat (4/12/2020). Setidaknya 629 lebih kasus Covid-19 dilaporkan, termasuk 600 infeksi lokal, sehingga total keseluruhan kasus positif di negara itu menjadi 36.332.

Sementara itu, jumlah yang tewas akibat Covid-19 di Korea Selatan bertambah tujuh orang sehingga total kematian menjadi 536 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper