Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Debat Pilkada Tangsel 2020, Ini Visi 3 Paslon soal Kerukunan Beragama

Keharmonisan kehidupan sosial dan kerukungan beragama menjadi salah satu pokok bahasan dalam debat Pilkada Kota Tangerang Selatan 2020 putaran kedua, Kamis (3/12/2020) malam.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  22:59 WIB
Tiga pasang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan menunjukan nomor urutnya di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (24/9/2020). Pilkada Tangsel diikuti tiga pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yakni pasangan nomor urut satu Muhammad (diwakilkan) - Rahayu Saraswati (kiri), nomor urut dua Siti Nurazizah - Ruhamaben (tengah) dan nomor urut tiga Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan (kanan). - Antara/Muhammad Iqba\r\n
Tiga pasang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan menunjukan nomor urutnya di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (24/9/2020). Pilkada Tangsel diikuti tiga pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yakni pasangan nomor urut satu Muhammad (diwakilkan) - Rahayu Saraswati (kiri), nomor urut dua Siti Nurazizah - Ruhamaben (tengah) dan nomor urut tiga Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan (kanan). - Antara/Muhammad Iqba\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Debat pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan 2020 untuk putaran kedua telah digelar, Kamis (3/12/2020) malam.

Debat bertema 'Mewujudkan Masyarakat Tangsel Yang Aman, Damai dan Berkeadilan' tersebut diikuti oleh seluruh pasangan calon kepala daerah yakni Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dengan nomor urut 1, Siti Nurazizah-Ruhamaben nomor urut 2, dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan pada nomor urut 3.

Dalam sesi tanya jawab, salah satu pertanyaan yang dilontarkan panelis adalah terkait upaya para pasangan calon kepala daerah untuk menjaga keharmonisan kehidupan sosial dan kerukungan beragama.

Saraswati, yang merupakan anak dari pengusaha Hashim Djojohadikusumo, menegaskan komitmen pihaknya untuk tema tersebut. "Komitmen kami, Tangsel untuk semua," jelasnya.

Berdasarkan pengalamannya ketika menjadi anggota DPR, jelas dia, di Tangsel peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) belum dimaksimalkan.

Dia pun memberikan jaminan terkait perizinan rumah ibadah di Tangsel. "Kami akan jamin perizinan rumah ibadah. Kami akan perjuangkan, asal sesuai peraturan yang berlaku," jelas calon Wakil Wali Kota Tangsel ini.

Nurazizah, yang merupakan puteri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, mengakui adanya keragaman masyarakat di Tangsel. Dia menjanjikan Tangsel yang demokratis dengan mengembangkan ruang-ruang ekspresi.

"Kami ingin buat satu festival kerukunan umat beragama," jelasnya.

Sementara itu, Benyamin, yang merupakan calon petahana Wakil Wali Kota Tangsel, menangapi pernyataan Saraswati ihwal kurang dimaksimalkannya FKUB dan FPK. Dia juga menyatakan bahwa proses pemilihan anggotanya sudah demokratis dan melibatkan semua pemangku kepentingan.

Benyamin juga mengklaim bahwa kerukunan beragama di wilayah ini tidak mengalami kendala. "Tidak ada masalah dalam kerukunan agama di hingga saat ini."

Pilar Saga Ichsan, calon Wakil Wali Kota nomor urut 3, menambahkan sejumlah daerah di Tangsel bahkan mendapatkan penghargaan terkait kerukunan dan kepedulian terhadap hak asasi manusia.

"Ada kampung kerukunan di Tangsel yang mendapatkan penghargaan terbaik di wilayah Banten," sebut anak Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada Serentak tangsel Pilkada 2020
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top