Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tekan Covid-19, Pemerintah Siapkan Vaksin dan Tata Imunisasi

Kementerian Kesehatan juga telah mencanangkan memperkuat pelacakan kontak dengan target rasio 1:30. Artinya dari satu pasien positif, 30 kontak terdekat pasien akan dilacak.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 23 November 2020  |  23:16 WIB
Ilustrasi Seorang pekerja melakukan pemeriksaan kualitas di fasilitas pengemasan produsen vaksin China, Sinovac Biotech, yang mengembangkan vaksin untuk mengatasi Covid-19, dalam tur media yang diorganisir pemerintah di Beijing, China, 24 September 2020. - Antara/Reuters\r\n
Ilustrasi Seorang pekerja melakukan pemeriksaan kualitas di fasilitas pengemasan produsen vaksin China, Sinovac Biotech, yang mengembangkan vaksin untuk mengatasi Covid-19, dalam tur media yang diorganisir pemerintah di Beijing, China, 24 September 2020. - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA — Angka rasio pemulihan kasus positif Covid-19 di Indonesia meningkat dari minggu lalu di angka 83,92 persen menjadi lebih dari 84 persen pada minggu ini. Lebih dari 3,5 juta penduduk Indonesia diuji swab dengan hasilnya, rasio positif hanya 14 persen.

Jubir Satgas Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan juga telah mencanangkan memperkuat pelacakan kontak (tracing) dengan target rasio 1:30. Artinya dari satu pasien positif, 30 kontak terdekat pasien akan dilacak.

“Upaya lain yang tengah dilakukan pemerintah untuk menekan penularan Covid-19 adalah mewujudkan program vaksin untuk rakyat. Untuk ini, pemerintah tengah mempersiapkan vaksin dan tata laksana imunisasinya nanti,” katanya dalam diskusi virtual, Senin (23/11/2020).

Pakar imunisasi, Jane Jane Soepardi menjelaskan bahwa sudah sejak lama program imunisasi di Indonesia berhasil mencegah penyakit menular. Saat vaksin belum ditemukan, kematian karena penyakit menular seperti campak, difteri, dan pneumonia, begitu sekali.

Lahirnya vaksin tersebut diakuinya membuat penyakit menular berbahaya tersebut hilang walaupun masyarakat sering tidak menyadarinya. Oleh karena itu, publik harus terus diberi pengetahuan tentang penyakit apa saja yang berhasil dicegah dengan imunisasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top