Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Filipina Resmi Resesi, Ekonominya Kontraksi 11,5 Persen di Kuartal III

Filipina resmi resesi karena negara ini telah mengalami kontraksi ekonomi dengan revisi sebesar minus 16,9 persen pada kuartal II/2020.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 10 November 2020  |  10:20 WIB
Penumpang mengantri untuk naik kereta Mass Rapid Transit (MRT) menjelang jam malam yang diberlakukan karena corona virus di Mandaluyong City, Metro Manila, Filipina, Senin (16/3/2020). Bloomberg - Veejay Villafranca
Penumpang mengantri untuk naik kereta Mass Rapid Transit (MRT) menjelang jam malam yang diberlakukan karena corona virus di Mandaluyong City, Metro Manila, Filipina, Senin (16/3/2020). Bloomberg - Veejay Villafranca

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonomi Filipina menyusut lebih dari yang diharapkan pada kuartal ketiga ini, meskipun ada pengurangan pembatasan akibat virus Corona.

Produk domestik bruto menyusut 11,5 persen pada kuartal ketiga dari tahun sebelumnya (year on year/yoy). Angka ini lebih tinggi dari perkiraan kontraksi 9,8 persen.

Dikutip dari Channel News Asia, perekonomian Filipina resmi jatuh ke dalam resesi untuk pertama kalinya dalam hampir 30 tahun.

Pasalnya, pada kuartal kedua, negara ini telah mengalami kontraksi ekonomi dengan revisi sebesar minus 16,9 persen.

Dilansir dari Nikkei Asia, Penjabat Sekretaris Perencanaan Sosial-Ekonomi Karl Chua pada bulan Agustus mengatakan ekonomi diperkirakan akan berkontraksi sebesar 5,5% untuk keseluruhan tahun.

Pembatasan karantina komunitas di negara itu dilonggarkan pada bulan Juni lalu. Ini telah membuka jalan bagi pembukaan kembali lebih banyak bisnis dan meningkatkan kapasitas transportasi umum.

Namun, pemerintah memberlakukan penguncian yang lebih ketat selama dua minggu pada Agustus setelah dokter memperingatkan sistem perawatan kesehatan kewalahan menerima pasien Covid-19.

Hal ini akhirnya menggagalkan rebound ekonomi yang lebih kuat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi filipina Resesi Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top