Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seniman Sebut Pandemi Bukan Halangan untuk Terus Berkarya

Tisna Sanjaya mengaku pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kreativitas seniman. Pandemi bahkan bisa menjadi sumber inspirasi bagi seniman.
Tisna Sanjaya./ITB
Tisna Sanjaya./ITB

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) tidak menyurutkan kreativitas seniman dalam berkarya. Pandemi bahkan menjadi inspirasi bagi seniman dalam menciptakan karya.

Hal itu dialami oleh seniman asal Bandung, Tisna Sanjaya. Tisna menceritakan pengalamannya selama lebih dari delapan bulan berkarya di tengah pandemi dalam talkshow yang disiarkan secara daring di channel Youtube BNPB, Sabtu (17/10/2020). 

“Ini menjadi momentum untuk lebih kontemplatif dalam berkarya, beberapa karya saya bahkan ada yang terinspirasi dari pandemi,” ujarnya.

Tisna, peraih Anugerah Adhikarya Rupa kategori Personal pada 2014 menyebut, karyanya berawal dari momen Iduladha. Dia mengaku, baru pertama kali dalam hidupnya menjalankan ibadah hari raya di rumah.

Dia tidak menyesali hal itu karena paham bahwa menghindari kerumunan adalah salah satu protokol kesehatan di masa pandemi. Selain itu, Tisna yang juga mengajar di Fakultas Seni Rupa & Desain Institut Teknologi Bandung ini kerap memakai masker.

Bagi Tisna, menerapkan protokol kesehatan bukan halangan untuk terus berkarya berkarya. Di samping itu, proses kreatif dilakukan dengan penuh sukacita.

“Memang ya, ada beberapa acara pameran cancel. Tapi harus tetap kreatif. [Pandemi] Ini gak menurunkan kreativitas,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, selain memakai masker dan menjaga jarak, perilaku lain yang penting dalam mencegah penularan virus corona adalah mencuci tangan dengan sabun. Ketiga hal ini dikenal dengan 3M.

Penerapan protokol kesehatan 3M juga dilakukan oleh penyanyi Rando Sembiring. Dia menekankan, kesehatan adalah aset yang paling utama, mengalahkan materi. Oleh karena itu, mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi adalah kunci bisa terus berkarya di tengah pandemi.

"Yang penting itu kesehatan dulu karena kalau kita gak sehat, bagaimana bisa ada ide bagus [untuk berkarya]. Jadi jaga kesehatan saja, ikuti 3M," ujar Rando dalam acara talkshow yang disiarkan Media Center Satgas Covid-19, Sabtu (17/10/2020).

#satgasCovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper