Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Tampak depan Nokia Oyj Executive Center di Espoo, Finlandia, Senin (2/3/2020). - Bloomberg/Roni Rekomaa
Premium

Makna Simbiosis Mutualisme Nokia dan Google

15 Oktober 2020 | 14:01 WIB
Nokia dan Google menjalin kesepakatan baru terkait layanan komputasi awan. Apa makna kerja sama ini bagi kinerja dan ekspansi kedua perusahaan teknologi itu?

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring makin agresifnya manuver mereka untuk merampungkan infrastruktur jaringan 5G, Nokia Oyj mengumumkan keputusan besar. Perusahaan asal Finlandia yang dulu sempat berjaya di sektor perakitan gawai tersebut akan memindahkan seluruh data dan peladennya ke Google Cloud, layanan komputasi awan besutan Google untuk 5 tahun ke depan.

Kerja sama antara Nokia dengan Google diumumkan langsung oleh kedua pihak pada Rabu (14/10/2020). Tidak disebutkan berapa nilai kesepakatan tersebut, tetapi Google menyatakan persiapan pemindahan data telah dirampungkan selama proses negosiasi beberapa waktu terakhir.

Google lantas menargetkan seluruh data Nokia akan bisa dipindahkan seluruhnya dalam kurun 18-24 bulan ke depan.

“Sebuah kebanggaan bisa bekerja dengan Nokia, untuk membantu modernisasi infrastruktur mereka,” kata Kepala Pemasaran Google Cloud Rob Enslin seperti dilansir Bloomberg.

Kendati diumumkan pada jam-jam menjelang penutupan bursa, terbukti manuver ini sudah tampak mengerek sentimen positif bagi Nokia maupun Google.

Bagi Nokia, kerja sama ini akan sangat menguntungkan mereka dalam hal menekan biaya operasional.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top