Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Calon jemaah umrah meninggalkan bandara setelah mendapat kepastian gagal berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti\\r\\n
Premium

Ancang-ancang Arab Saudi Kembali Menggelar Umrah, Adakah Pertimbangan Ekonomi di Baliknya?

30 September 2020 | 16:29 WIB
Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk mulai kembali menyelenggarakan ibadah umrah. Selain melandainya kasus Covid-19, apakah faktor ekonomi ikut menjadi pertimbangan?

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring langkah membuka sebagian aktivitas ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk kembali menyelenggarakan ibadah umrah per 4 Oktober 2020. Keputusan tersebut diumumkan Menteri Haji dan Umrah Mohammed Saleh Benten pada konferensi pers, Minggu (27/9/2020).

Saleh menyampaikan umrah bakal dihelat dengan kapasitas terbatas, tepatnya 6.000 orang per hari pada tahap pertama, yang dibagi ke dalam 12 kelompok berisi 500 orang. Kapasitas tersebut dinilainya lebih dari cukup untuk menjamin adanya praktik penerapan protokol kesehatan sepanjang prosesi ibadah.

Tahap kedua akan dilaksanakan mulai 18 Oktober 2020, dengan maksimal 15.000 jemaah. Kapasitasnya akan kembali bertambah menjadi 20.000 jemaah per hari mulai 1 November 2020.

“Kami juga memutuskan hanya yang berusia 18-65 tahun yang boleh ikut. Disediakan kursi roda untuk proses tawaf dan sa'i,” tuturnya.

Seperti halnya haji pada Agustus 2020, pada tahap awal, pemerintah setempat hanya mengizinkan jemaah yang bermukim di Arab Saudi. Meski demikian, jika segalanya berjalan lancar, Arab Saudi berkomitmen mulai membuka peluang pendaftaran jemaah asing dari beberapa negara.

Mengenai daftar negara tersebut, Saleh mengatakan pemerintah baru akan mengumumkannya dalam beberapa hari ke depan. Adapun Arab Saudi menutup pintu umrah sejak pandemi Covid-19 menyerang, tepatnya pada 27 Februari 2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top