Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Covid-19, Masyarakat Jangan Takut Ditracing

Pelacakan, kata Dewi, akan menarik kejadian kontak dekat yang dialami seseorang mulai dari 14 hari sebelum dinyatakan positif Covid-19.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 30 September 2020  |  14:32 WIB
Sejumlah calon relawan mengantre untuk melakukan tes kesehatan di Komplek Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). - Antara
Sejumlah calon relawan mengantre untuk melakukan tes kesehatan di Komplek Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 menyadari bahwa pelaksanaan 3T di Indonesia masih cukup sulit, terutama dari sisi tracing atau pelacakan.

Salah satu penyebabnya karena masyarakat sudah termakan stigma negatif dari kegiatan pelacakan ini.

Oleh karena itu, Tim Pakar Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengimbau masyarakat agar tidak takut dan harus jujur ketika sedang ditelusuri kontak.

“Karena ketika kita berbohong kepada petugas medis, penularan virusnya tidak akan berhenti ke orang-orang sekitar. Jangan sampai ada pasien positif tidak diketahui, karena tidak jujur,” tegasnya pada konferensi pers, Rabu (30/9/2020).

Pelacakan, kata Dewi, akan menarik kejadian kontak dekat yang dialami seseorang mulai dari 14 hari sebelum dinyatakan positif Covid-19.

Oleh karena itu, masyarakat juga diimbau agar tidak melakukan kegiatan yang tidak penting. sehingga lebih mudah mengingat kejadian saat dilakukan pelacakan.

“Ke luar rumah hanya jika sangat perlu saja, jangan makan atau nongkrong di tempat makan, cafe, ini nanti mempersulit diri sendiri ketika harus dilakukan tracing kontak,” jelasnya.

Kemudian, dari sisi kejujuran, masyarakat yang tengah dilakukan pelacakan juga agar jujur bahwa sudah melakukan kontak dekat dengan pasien. Orang yang tanpa gejala bukan tidak mungkin menularkan ke orang lain.

“Sedihnya, kalau orang tanpa gejala menularkan ke orang lain, belum tentu yang tertular akan tanpa gejala juga. Bisa jadi pas imun tubuhnya rendah akibatnya malah bisa fatal,” imbuh Dewi.

Kemudian, apabila ternyata pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif, lakukan isolasi mandiri 14 hari baik dari tempat kerja maupun keluarga sampai hasil tes keluar dan dipastikan negatif Covid-19.

#IngatPesanIbu #satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top