Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Positif Covid-19, Menag Telah Jalani Isolasi Selama 12 Hari

Menteri Agama Fachrul Razi telah menjalani isolasi dan perawatan di Rumah Sakit selama 12 hari sejak dinyatakan positif Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 29 September 2020  |  13:47 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi (tengah) menghadiri rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (14/9/2020). Rapat kerja tersebut membahas RKA K/L Tahun Anggaran 2021 serta isu-isu terkini termasuk kasus penusukan terhadap pendakwah Syekh Ali Jaber. ANTARA FOTO - Puspa Perwitasari
Menteri Agama Fachrul Razi (tengah) menghadiri rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (14/9/2020). Rapat kerja tersebut membahas RKA K/L Tahun Anggaran 2021 serta isu-isu terkini termasuk kasus penusukan terhadap pendakwah Syekh Ali Jaber. ANTARA FOTO - Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi masih menjalani proses perawatan dan isolasi di rumah sakit setelah dinyatakan positif Covid-19.

Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal mengatakan bahwa Menag telah menjalani proses isolasi sejak dinyatakan positif pada 17 September. Artinya mantan Wakil Panglima TNI telah menjalani isolasi selama 12 hari.

Kevin Haikal menuturkan bahwa kondisi kesehatan Menag stabil. Hingga saat ini, tidak ada keluhan berat yang dirasakan oleh Menag. 

"Kondisinya masih stabil. Proses isolasi dan perawatan masih berlanjut di rumah sakit. Kami mohon doa dari seluruh masyarakat agar Menag segera sembuh dan negatif Covid-19," katanya melalui keterangan resmi, Selasa (29/9/2020).

Di sisi lain, Kementerian Agama melakukan penelusuran kontak atau tracing terhadap orang yang sempat menjalin kontak dengan Menag. Total terdapat 48 orang yang sempat berinteraksi dengannya.

"Kita sudah melakukan tracing. Total ada 48 orang yang dinilai pernah berinteraksi dengan Menag. Mereka sudah dites swab dan semua hasilnya negatif," ujar Jubir Kemenag Oman Fathurrahman.

Selain anggota keluarga, mereka yang menjalani tes swab adalah jajaran pimpinan Kementerian Agama, termasuk Wamenag, Staf Ahli dan Staf Khusus, sejumlah Dirjen dan Direktur, Sekretaris Menteri, serta tim protokol dan humas yang melekat dalam kegiatan Menag.

Di lingkungan keluarga dan kantor kementerian ditemukan 32 orang sempat menjalin kontak. Tracing dan swab juga dilakukan untuk sejumlah pejabat Kanwil Kemenag NTB dan UIN Mataram. Sebab, giat Menag terakhir sebelum dinyatakan positif Covid-19 adalah ke Nusa Tenggara Barat. Pada kegiatan itu, Menag sempat kontak dengan 16 orang.

"Semua sudah dilakukan tes swab dan hasilnya negatif," ujarnya.

Selain itu, mekanisme tracing juga dilakukan secara mandiri oleh para pihak yang melakukan kontak dengan Menag selama kunjungan kerja di NTB, seperti Gubernur NTB dan Tuan Guru Turmudzi. Hingga kini seluruh hasil tes negatif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menag Virus Corona Fachrul Razi covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top