Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak! Ini Tips Melindungi Keluarga dari Covid-19

Klaster keluarga menjadi salah satu konsentrasi pemerintah dalam upaya pengendalian virus Corona (Covid-19).
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 25 September 2020  |  18:13 WIB
Dua orang anak menggunakan masker pelindung wajah saat bermain di depan mural bertema Covid-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020). - Antara\n\n
Dua orang anak menggunakan masker pelindung wajah saat bermain di depan mural bertema Covid-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020). - Antara\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memberikan 5 tips untuk melindungi keluarga dari papran Covid-19. Namun, yang terpenting dari itu semua adalah mengurangi kegiatan di luar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Juru Bicara Pemerintah Reisa Broto Asmoro mengatakan yang pertama adalah pahami dengan benar cara penularan Covid-19.

“Kedua selalu ikuti protokol kesehatan termasuk protokol kedatangan saat tiba di rumah,” katanya seperti disiarkan dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (25/9/2020).

Ketiga, setiap anggota keluarga harus memantau kondisi seluruh anggota keluarga di rumah.

“Termasuk kalau ada yang sakit harus memakai masker dan kalau yang merawat orang yang sakit juga harus memakai masker,” kata Reisa.

Keempat, pastikan gizi seimbang dan olahraga rutin bersama keluarga di rumah. Terakhir adalah menjaga kesehatan mental dengan menciptakan suasana tenang di rumah.

“Di tengah banyak informasi ciptakan suasana tenang di rumah, berantas hoaks dan jauhi sumber kepanikan,” ujarnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungna Anak Bintang Puspayoga mengatakan bahwa satu hal yang dia edukasi kepada orang rumah adalah mentaati peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Selain itu, menjaga imun melalui gizi seimbang dan olahraga teratur juga penting.

Bintang mengatakan Kementerian PPA akan menetapkan protokol kesehatan keluarga. Hal ini akan menjadi pedoman untuk mencegah penularan virus Corona dalam satu atap rumah tangga.

“Kemudian protokol kesehatan juga akan mengatur bagaimana ketika ada keluarga yang terpapar [Covid-19],” kata Bintang.

Seperti diketahui, klaster keluarga juga menjadi konsentrasi Presiden Jokowi dalam pengendalian virus Corona. Menurutnya, banyak orang yang merasa aman dari Corona ketika tiba di rumah.

“Karena di rumah kita sudah merasa aman, justru di situlah, yang kita harus hati-hati," kata Presiden saat membuka sidang kabinet paripurna untuk penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top