Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dituduh Curi Ide Emoji Karakter, Apple Kena Tuntut

Katrina Parrott mengklaim hak cipta pemilihan warna kulit untuk emoji, yang dikenal sebagai iDiversicons, di App Store Apple pada 2013 dan di iTunes pada 2014. Namun, Apple merilis palet keyboard pengubah warna kulit emoji sendiri pada April 2015.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 19 September 2020  |  06:50 WIB
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg -  Toru Hanai
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg - Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA – Pencipta iDiversicons mengklaim Apple telah mengambil ide inovasinya, yakni dunia emoji karakter sebagai pintasan untuk mengekspresikan emosi dalam komunikasi digital.

Berdasarkan laman Bloomberg (19/9/2020), Katrina Parrott, seorang pengusaha wanita Afrika-Amerika, mengklaim hak ciptanya untuk memungkinkan pengguna memilih dari lima warna kulit untuk emoji - yang dikenal sebagai iDiversicons - di App Store Apple pada 2013 dan di iTunes pada 2014.

Parrott mengklaim Apple menolak mengejar kesepakatan kemitraan setelah serangkaian pertemuan dan komunikasi 2014 antara dirinya dan dua insinyur perangkat lunak senior Apple, agar dapat melihat dari dekat teknologinya. 

Namu, Apple merilis palet keyboard pengubah warna kulit emoji sendiri pada April 2015, dan unduhan iDiversicons Parrott menurun.

Dalam gugatan yang diajukan hari Jumat (18/9) di pengadilan federal di Waco, Texas, Parrott menuduh Apple melanggar hak cipta dan pakaian dagangnya, menyalahgunakan ide dan teknologinya, persaingan tidak sehat serta pengayaan yang tidak adil. 

Dia berharap adanya perintah pengadilan yang memblokir Apple untuk menggunakan karyanya dan ganti rugi uang yang tidak ditentukan berdasarkan keuntungan Apple dan peluang bisnisnya yang hilang sendiri dari dugaan penyalinan.

Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar. Sementata itu, pengembang dengan tegas ingin memblokir palet emoji lima warna kulit Apple.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple inc
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top