Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Cara Menko Luhut Tangani Pandemi Covid-19 di 8 Provinsi

Menko Bidang Kemaritiman dan Inveastasi Luhut B. Pandjaitan antara lain akan memaksimalkan peran TNI dan Polri dalam membantu gubernur.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 15 September 2020  |  20:33 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga sebagai Plt Menteri Perhubungan, melakukan inspeksi mendadak. - istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga sebagai Plt Menteri Perhubungan, melakukan inspeksi mendadak. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Inveastasi Luhut B. Pandjaitan akan berfokus pada dua hal dalam penanganan pandemi Covid-19 di delapan provinsi.

"Pertama, memaksimalkan peran TNI dan Polri dalam membantu gubernur. Saya ingin keduanya bersinergi bersama Gubernur menentukan titik-titik rawan di masing-masing daerah untuk dilakukan penegakan disiplin protokol kesehatan," katanya melalui unggahan di akun pribadi Instagram-nya @luhut.pandjaitan, Selasa (15/9/2020).

Kedua, sambungnya, dia akan meminta kepada Pangdam dan Kapolda untuk mengecek akurasi setiap data di masing-masing kabupaten dan kota tentang variable jumlah kasus, jumlah angka kesembuhan, hingga tingkat kematian.

Pasalnya, Luhut menilai masih banyak kasus OTG (orang tanpa gejala) di rumah sakit yang berpotensi menghambat kesembuhan pasien Covid bergejala berat.

Selain itu, sinkronisasi data antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan di daerah memiliki peran penting sehingga tidak ada manipulasi angka di lapangan.

"Saya ingin seluruh pimpinan daerah tidak segan mengambil kebijakan dan tindakan yang tegas dan keras untuk mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan, guna mencegah jumlah kasus yg terus bertambah," ujar Menko Luhut.

Dia pun meminta kepada masing-masing Kepala Daerah untuk mengkaji peraturan pembatasan sosial secara ketat, sehingga tidak ada kegiatan yang melibatkan keramaian dan melakukan pembubaran kerumunan pada jam atau waktu tertentu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Luhut Pandjaitan covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top