Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Chairman Berkshire Hathaway Inc. Warren Buffett (tengah) memakan es krim Dairy Queen, yang sahamnya dimiliki Berkshire Hathaway, di sela-sela Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Berkshire Hathaway di Omaha, Nebraska, AS, Sabtu (4/5/2019). - Bloomberg/Houston Cofield
Premium

Warren Buffett Orang Terkaya Paling Dermawan, Siapa Miliarder Paling 'Pelit' Beramal?

10 September 2020 | 08:14 WIB
Paling kaya tak selalu paling banyak menyumbang untuk tujuan amal. Tak percaya? Intip saja daftar miliarder AS yang paling dermawan ini.

Bisnis.com, JAKARTA — Warren Buffett mungkin tidak lagi nangkring di posisi pertama orang terkaya dunia, atau bahkan di skala AS sekalipun. Tapi, aksi filantropisnya membuat investor ternama ini mendapat status miliarder paling dermawan.

Dalam daftar Forbes 400 terbaru yang dirilis Forbes pada Selasa (8/9/2020), si Peramal dari Omaha—salah satu julukan Buffett—diperkirakan telah mendonasikan US$40 miliar kekayaannya untuk amal. Sebagian besar disalurkan melalui yayasan milik teman baiknya, Bill dan Melinda Gates.

Forbes 400 adalah daftar tahunan yang mencakup 400 orang terkaya AS. Kekayaan mereka dihitung dari harga saham perusahaan mereka dan nilai tukar dolar AS per 24 Juli 2020.

Berdasarkan data 24 Juli, Forbes menghitung kekayaan Buffett sebesar US$73,5 miliar. Namun, per Rabu (9/9), nilainya sudah bertambah menjadi US$82,4 miliar, itu pun turun US$53 juta dari hari sebelumnya.

Dengan demikian, pria yang kini berusia 90 tahun itu menjadi 1 dari hanya 10 miliarder AS yang telah mendonasikan 20 persen atau lebih kekayaannya. Beberapa lainnya yang masuk kelompok ini adalah George Soros dan Ted Turner.

Kelompok ini mendapat skor penuh 5 dari Forbes. Untuk menentukan skornya, Forbes menghitung seberapa besar dana yang benar-benar didistribusikan oleh lembaga amal yang menjadi pilihan para miliarder tersebut dan ditambah dengan donasi langsung yang mereka lakukan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top