Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penambang Lokal Temukan Berlian 442 Karat, Harganya Rp260 Miliar

Gem Diamonds Ltd. mengatakan mereka telah menemukan berlian 442 karat di tambang Letseng di Lesotho.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 23 Agustus 2020  |  09:04 WIB
Berlian
Berlian

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang penambang berlian lokal kembali menemukan batu permata mahal berukuran besar di Afrika Selatan.

Gem Diamonds Ltd. mengatakan mereka telah menemukan berlian 442 karat di tambang Letseng di Lesotho.

Meskipun sulit untuk menetapkan harga untuk batu-batu semacam itu sebelum para pemotong dapat mengevaluasinya, namun berlian itu diperkirakan dapat terjual sebanyak US$18 juta atau Rp261 miliar (kurs dolar Rp14.500).

Edward Sterck, analis di BMO Capital Markets, menyebutkan mengingat kelangkaan batu besar seperti itu, permintaan berlian besar secara tradisional tahan banting, bahkan pada saat industri yang lebih luas mengalami kesulitan.

Tambang Letseng terkenal dengan ukuran dan kualitas berlian yang dihasilkannya serta memiliki harga jual rata-rata tertinggi di dunia. Dua tahun lalu Gem Diamonds menemukan batu seberat 910 karat, seukuran dua bola golf, yang dijual seharga US$40 juta.

Penemuan itu muncul ketika industri berlian global telah bertekuk lutut oleh pandemi. Toko perhiasan telah tutup dan industri pemotongan India, yang menangani hampir semua batu dunia, terhenti.

Para penambang yang mendominasi industri ini, De Beers dan saingan Rusia Alrosa PJSC, telah mengalami kejatuhan penjualan berlian mereka.

“Penemuan berlian 442 karat yang luar biasa ini, salah satu berlian kualitas permata terbesar di dunia yang akan ditemukan tahun ini, merupakan konfirmasi lebih lanjut dari kaliber tambang Letseng dan kemampuannya untuk secara konsisten menghasilkan berlian besar dan berkualitas tinggi,” Clifford Elphick, CEO Gem, mengatakan dalam pernyataan itu seperti dikutip dari Bloomberg.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tambang berlian
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top