Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkontribusi Bidang Agama, 4 Kepala Daerah Dapat Penghargaan

Empat kepala daerah mendapatkan penghargaan dari Menteri Agama karena dianggap mendukung pengembangan pendidikan agama Islam.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa/Antara
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Empat kepala daerah mendapatkan penghargaan dari Menteri Agama Fachrul Razi karena dinilai memiliki kepedulian dan kebijakan yang memihak kepada pendidikan Islam.

Menag mengatakan perkembangan pendidikan keagamaan di berbagai daerah perlu ditopang oleh keberpihakan kepala daerah secara berkelanjutan.

“Semakin kepala daerah memiliki keberpihakan yang besar pada pendidikan keagamaan, hampir bisa dipastikan pendidikan keagamaan mengalami perkembangan yang luar biasa membanggakan,” kata Fachrul Razi sebagaimana dilansir laman resmi Kemenag pada Sabtu (22/8/2020).

Menag turut menyampaikan penghargaan kepada sejumlah Pemda karena telah mencurahkan tenaga dan pemikirannya bagi perkembangan pendidikan keagamaan di daerahnya masing-masing.

Kepala daerah yang mendapat penghargaan antara lain Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dia mendapat penghargaan atas upaya melawan Covid-19 dengan pendekatan spiritual.

Kemudian Bupati Jember Faida mendapat penghargaan karena peduli terhadap perkembangan pendidikan Islam. Bupati yang juga dokter serta lulusan madrasah ini memberikan beasiswa kepada putera daerah untuk melanjutkan kuliah di UIN dan IAIN.

Dia juga memberikan beasiswa untuk pelajar tahfiz atau penghafal Al-Qur'an, serta membangunan fasilitas MCK pada sejumlah pesantren di Jember. Kepeduliannya terhadap pendidikan keagamaan sama dengan pendidikan umum, baik dari aspek regulasi, rekognisi dan afirmasinya.

Apresiasi yang sama atas kepedulian terhadap pendidikan Islam juga Menag sampaikan kepada Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dan Wali Kota Palembang Harnojoyo atas kontribusinya terhadap pengembangan pendidikan Islam.

Menag berharap pemberian penghargaan ini dapat melecut semangat serta keberpihakan para kepala daerah yang selama ini sudah peduli, untuk semakin dan terus berkontribusi bagi perkembangan pendidikan keagamaan di daerahnya.

Menurutnya, pendidikan keagamaan yang berkualitas menjadi andil penyiapan SDM anak bangsa yang unggul.

“Semoga apresiasi ini mampu memberikan dorongan kepada Kepala Daerah lain untuk peduli terhadap pendidikan Islam, baik di madrasah, pesantrenm dan perguruan tinggi Islam,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Sumber : Kemenag.go.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper