Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Corona 14 Agustus: Hanya 3 Provinsi yang Nihil Kasus Baru

Indonesia mendapat tambahan kasus konfirmasi baru sebanyak 2.307 kasus pada Jumat (14/8/2020) sehingga totalnya menjadi 135.123 kasus.
Situasi pendaftaran untuk tes usap massal para pedagang ikan hias di lokasi binaan UMKM JP 23 Kecamatan Sawah Besar, Rabu (22/7/2020)./Antara
Situasi pendaftaran untuk tes usap massal para pedagang ikan hias di lokasi binaan UMKM JP 23 Kecamatan Sawah Besar, Rabu (22/7/2020)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat ada 3 provinsi yang tidak mendapat tambahan kasus baru. Adapun, total ada10 provinsi yang mendapat kasus baru Covid-19 kurang dari 10 orang.

Pada Jumat (14/8/2020) tercatat ada tiga provinsi yang tidak ada tambahan kasus baru yaitu Kalimantan Utara, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Adapun, tujuh provinsi lainnya mencatat tambahan kasus baru kurang dari 10, yaitu Bangka Belitung 2 kasus, Jambi 7 kasus, Kalimantan Barat 5 kasus, Sulawesi Tengah 3 kasus, Lampung 5 kasus, Papua 9 kasus, dan Gorontalo 3 kasus.

Secara umum, pada hari ini, Indonesia mendapat tambahan kasus konfirmasi baru sebanyak 2.307 kasus sehingga totalnya menjadi 135.123 kasus.

Sementara itu, tambahan kasus sembuh sebanyak 2.060 sehingga totalnya menjadi 89.618 orang, dan kasus meninggal sebanyak 53 sehingga totalnya menjadi 6.021 orang.

Adapun, Satgas Covid-19 mencatat saat ini seluruh 34 provinsi di Indonesia sudah terdampak Covid-19 dan ada 481 dari 518 kabupaten/kota yang terdampak.

Selain itu, jumlah spesimen yang diuji hari ini pun lagi-lagi tak mencapai target Presiden sebanyak 30.000 per hari dengan spesimen yang diuji hanya 26.018 spesimen. sehingga totalnya menjadi 1.835.505 spesimen.

Untuk mencapai target tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 harus melakukan perluasan peran laboratorium dalam diagnosis, bahwa 1 kasus per 1.000 penduduk harus dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Adapun, pencapaian pemeriksaan spesimen harian umumnya menurun pada Sabtu dan Minggu. Dengan adanya pedoman baru revisi kelima untuk penanganan Covid-19, diharapkan bisa melakukan tracing kontak sehingga pemeriksaan pada Sabtu adn Minggu tidak menglami penurunan.

Strategi untuk pencapaian target tersebut antara lain memeriksa semua kasus suspek termasuk anggota keluarga yang pernah kontak dengan kasus konfirmasi, semua tenaga kesehatan di rumah sakit yang kontak dengan kasus konfirmasi, yang berpindah tempat atau keluar dari zona merah, penduduk yang masuk dalam penyelidikan epidemologi, dan tempat berkumpul permanen seperti sekolah, pabrik, kantor, serta pada kasus ISPA dari surveilans ILI dan SARI.

Kemudian, sesuai dengan pedoman revisi kelima tersebut, Kementerian Kesehatan juga berupaya membangun jejaring laboratorium pemeriksa Covid-19. Selain itu, secara nasional, untuk memeriksakan PCR dan TCM di seluruh laboratorium di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper